MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > MENGATASI AMBEIEN PADA IBU HAMIL

MENGATASI AMBEIEN PADA IBU HAMIL

by. Admin
16 January 2023
MENGATASI AMBEIEN PADA IBU HAMIL

Pada artikel sebelumnya, kita belajar mengenal apa penyebab penyakit wasir atau ambeien pada ibu hamil. Lantas bagaimana cara mengatasi ambeien ini?

Ambeien pada kehamilan memang sulit dicegah, namun bukan berarti dibiarkan begitu saja. Ibu bisa melakukan beberapa langkah antisipasi untuk mencegah ataupun mengatasi kondisi tersebut. Lakukan beberapa perawatan berikut ini ketika ambeien terjadi:

1. Bergerak Lebih Sering

Ambeien akan semakin parah ketika ibu terlalu lama duduk. Oleh sebab itu, ibu hamil sebaiknya tetap melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan disarankan untuk lebih banyak bergerak. Saat duduk terlalu lama, lakukan stretching ringan dengan berjalan-jalan di sekitar ruangan setiap 1 jam sekali.

2. Perbanyak Serat

Pemicu munculnya ambeien yang parah adalah sembelit. Oleh sebab itu, ibu bisa mencegah sembelit dengan mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan. Pastikan juga air putih tercukupi supaya ambeien tidak lagi mengganggu.

3. Kompres dengan Es

Untuk mengatasi ambeien secara alami, ibu bisa mengompres sekitar anus dengan es batu. Es batu mampu mengurangi bengkak di sekitar anus dengan cepat. Ibu disarankan untuk melakukan ini minimal 4 kali sehari guna mengurangi gejala ambeien.

4. Senam Kegel

Terakhir, jangan ragu untuk melakukan senam kegel, ya! Selain baik untuk persalinan, senam kegel juga dapat membantu mengatasi ambeien pada ibu hamil. Senam kegel mampu mengencangkan otot panggul yang menopang kandung kemih, rahim, dan juga anus.

Nah, itu dia penjelasan ringkas tentang ambeien pada ibu hamil. Ambeien adalah penyakit atau gangguan yang tidak mengancam nyawa, namun sangat mengganggu kehamilan. Oleh sebab itu, pastikan ibu melakukan beberapa tips di atas jika terserang ambeien, ya! Semoga bermanfaat.


Sumber : morulaivf.co.id/id/blog/mengenal-penyakit-ambeien-pada-ibu-hamil-amankah/

Read other articles & publications:
SEBERAPA PENTING MENJAGA TUBUH TERHIDRASI SELAMA HAMIL?
Tentu, menjaga tubuh terhidrasi selama keh...
MENGENAL PRE-EKLAMSIA
Kehamilan adalah perjalanan yang penuh tan...
TES POSTCOITAL (SERI PEMERIKSAAN KESUBURAN PRIA)
Tes postcoital, atau disebut juga tes post...