MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > IBU HAMIL DAN MENYUSUI TIDAK SUKA SAYUR DAN BUAH? INI RESIKONYA

IBU HAMIL DAN MENYUSUI TIDAK SUKA SAYUR DAN BUAH? INI RESIKONYA

by. Admin
30 September 2022
IBU HAMIL DAN MENYUSUI TIDAK SUKA SAYUR DAN BUAH? INI RESIKONYA

Kehamilan adalah hal yang sangat dinantikan oleh banyak pasangan. Tak sedikit yang sudah menunggu lama akan hadirnya buah hati di tengah-tengah keluarga. Maka ketika kabar bahagia itu datang, tentu disambut dan dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Namun masa kehamilan (dan juga menyusui) bukan hal yang mudah. Terutama jika dikaitkan dengan penjagaan nutrisi saat hamil maupun menyusui. Ada sebagian ibu yang mungkin bahkan tidak terlalu suka memasukkan sayur dan buah dalam menu asupan sehari-hari, dan lebih memilih suplemen instan untuk menjaga stamina.

Sebenarnya seberapa penting sih keberadaan sayur dan buah itu? Berikut ini beberapa resiko jika kita tidak suka sayur dan buah :

1. Cepat Sakit. Kalau kita tidak makan sayur dan buah, kita bisa jadi cepat sakit. Sebabnya, tubuh kita kekurangan vitamin B kompleks, C, E, zinc, zat besi, magnesium, dan potasium.
Hal ini membuat daya tahan tubuh menjadi lemah dan kita jadi sering sakit. Contohnya saja seperti flu yang disebabkan tubuh kekurangan vitamin C, zinc, dan betakaroten.

2. Sembelit. Akibat lainnya dari kekurangan sayur dan buah adalah gangguan pencernaan, salah satunya adalah sembelit. Sembelit adalah sulit buang air besar karena kekurangan serat. Pup menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Jika ibu mengalami hal ini, harus memperbanyak makan buah, seperti pepaya, nanas, dan lain-lain.

3. Tulang Jadi Rapuh. Kekurangan sayur dan buah juga bisa membuat tulang menjadi rapuh atau disebut juga osteoporosis. Hal ini disebabkan kurangnya vitamin D dan kalsium dalam tubuh. Apalagi kebutuhan kalsium di masa hamil dan menyusui itu meningkat karena kebutuhan janin dalam kandungan maupun ketika proses menyusui. Jika ibu mau tulang tetap kuat, harus banyak makan brokoli, jeruk, apel, tomat, juga buah dan sayur lainnya.

4. Mata Jadi Terganggu. Mata juga bisa jadi terganggu, loh bu, karena kekurangan buah dan sayur. Itu karena mata kita membutuhkan vitamin A.
Jika kurang terpenuhi, mata bisa mengalami rabun senja atau mata minus, katarak, dan ganggungan mata lainnya. Agar tidak mengalami gangguan mata, jangan lupa makan wortel ya!

5. Sariawan dan Gusi Berdarah. Selain mata, mulut juga terganggu karena kekurangan buah dan sayur. Gangguan yang sering dialami adalah sariawan dan gusi berdarah. Keduanya disebabkan oleh kekurangan vitamin C, kalsium, dan magnesium. Untuk menghindari sariawan dan gusi berdarah, kita harus banyak makan jeruk, melon, apel, pir, bayam, dan buah serta sayur lainnya yang mengandung ketiga zat di atas.

Wah, banyak juga, ya, gangguan yang bisa saja kita alami jika tidak makan sayur dan buah. Kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui lebih besar dibanding dalam kondisi tidak hamil atau menyusui. Jangan terlalu mengandalkan suplemen karena suplemen sifatnya menggantikan sementara. Bukan menjadi asupan rutin. Lebih utama adalah mengonsumsinya lewat makanan yang dimakan sehari-hari.

Jadi, selalu ingat untuk makan sayur dan buah setiap hari, ya!

Tubuh kita pasti akan menjadi sehat dan jarang sakit.

Sumber :
https://bobo.grid.id/read/08878911/tidak-suka-makan-sayur-dan-buah-5-akibat-buruk-ini-akan-terjadi?page=2

Read other articles & publications:
CARA YANG BENAR MENGGAPAI HIDAYAH
Suatu malam seorang laki-laki menengadahka...
APA ITU MEKONIUM?
Mekonium adalah feses (tinja) pertama bayi...
FEEDBACK INHIBITOR LACTATION
Adakah di antara bunda working mom yang se...