MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > JODOH PERSALINAN

JODOH PERSALINAN

by. Admin
30 August 2022
JODOH PERSALINAN

Bundanya adek bayi ini baru datang di usia 38 week. Saya bertanya alasan datang kesini di usia yang sudah akan melahirkan, padahal data pemeriksaan di buku KIA sudah banyak sekali di tempat bidan lain yang dekat dari rumahnya. Beliau menjawab karena berdasarkan USG terakhir usia kehamilan sudah melewati HPL namun belum juga ada tanda persalinan.

Saya bertanya sekali lagi, "Apakah menstruasi dulu teratur? Dan yakin tanggal HPHT nya tidak keliru?" Jawab, "iya teratur dan yakin tanggal segitu bu.."

Saya, "Jika berdasarkan HPHT, hitungan HPL bunda masih 2 minggu lagi. Maka dari itu wajar jika belum ada tanda persalinan.
Lalu mengapa EDD hasil USG lebih maju? Karena bayi Bunda lebih gendut dari usia rata-rata seharusnya. Ini beratnya sudah 3,2 kg. Biasanya usia segini masih 2,8-2,9 kg. USG saat kehamilan besar mengacu pada pengukuran diameter kepala atau lingkar kepala dan lingkar perut bayi dalam rahim. Jika bayi Bunda taksiran berat badannya besar maka diameter kepala juga lebih besar, otomatis hasil yang tercantum pada USG estimation due date nya (HPL) nya maju.
Yang paling mendekati akurat untuk HPL adalah dari HPHT dan dari pemeriksaan USG kehamilan kecil (sebelum 12 minggu)."

Lalu solusinya bagaimana?

Diet, induksi alami dan jangan kejar target harus lahir sekarang. Nikmati, ikhtiar dan pasrah. Inshaa Allah bayi akan lahir pada waktu yang sudah ditetapkan Allah SWT. Itu yang saya sampaikan pada pasien.

Setelah itu pulanglah Bunda bayi ini dengan pesan saya kembalikan lagi persalinannya kepada Bidan yang selama ini mendampingi kehamilan beliau.

Selang 3 hari setelah kunjungan terakhirnya di Papilio NBC, Bunda ini mengeluh keluar cairan ketuban yang banyak, sudah menghubungi bidannya namun lama menunggu belum ada balasan. Mungkin karena bidannya sibuk sekali. Akhirnya oleh admin Papilio NBC diterima untuk proses persalinan karena keadaan yang sudah kategori emergency membutuhkan rawat inap segera.

Bi idznillah, melalui proses ketuban pecah dini 14 jam, bayi lahir dengan sehat BB 3,3 kg. Maa Syaa Allahu laa quwwata illa billah.

Yang berkali-kali kontrol ke kami saja belum tentu jodoh persalinannya. Memang persalinan itu jodoh-jodohan ya sayang.

Salam

Dari Bidanmu Rasa Pacar

Read other articles & publications:
APA BEDANYA THUHR, NAQOO', DAN FATROH DALAM FIQIH HAID?
Oleh : Ustadz Muafa (Mokhamad Rohma Rozik...
SEMUA IBU BISA MENYUSUI, IN SYA ALLAH
Oleh : Bunda Arit Widowati, Konselor Lakta...
TOLERANSI
"Ayo sayang, semangat, kita sudah sampai s...