MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > MEMAKNAI RASA SAKIT SAAT MELAHIRKAN

MEMAKNAI RASA SAKIT SAAT MELAHIRKAN

by. Admin
24 June 2022
MEMAKNAI RASA SAKIT SAAT MELAHIRKAN

Topik persalinan yang paling menarik dari jaman dulu hingga saat ini masih tentang bagaimana menghilangkan rasa sakit kontraksi persalinan. Persalinan tanpa rasa sakit dengan berbagai metode perkembangan terkini sampai persalinan sesarpun yang ikut menaikkan levelnya ke jenjang kenyamanan yang lebih tinggi dengan klaim bahwa setelah operasipun tidak sakit.

Dapat disimpulkan bahwa ternyata manusia masih susah payah sekali untuk berikhtiar mendapatkan penawar dari segala sakit di kehidupannya, apapun konteksnya itu.

Saya jadi ingat lirik lagu Muhasabah Cinta by Anisa Rahman, bunyinya begini,

"Kata-kata cinta terucap indah, mengalir berdzikir di kidung do'aku. Sakit yang kurasa biar menjadi penawar dosaku..."

Dalam agama saya, Islam, mengajarkan bagaimana cara menghargai wanita. Derajat wanita diangkat oleh Allah SWT dalam Al Qur'an, contoh dalam surat Al Ahqaf ayat 15 :

"..ibumu mengandung dengan susah payah dan melahirkan dengan susah payah.."

Kenapa Allah SWT membuat persalinan itu susah payah dan sakit? Padahal Allah SWT mampu untuk membuat tidak sakit.

Karena anak diwajibkan berbakti kepada orang tuanya. Kalau kata Rosululloh, "ibumu, ibumu, ibumu...lalu ayahmu". Dan mungkin jika tidak ada aturan itu dalam Al Qur'an, seorang ibu atau seorang wanita tidak berharga. Lalu, apa lagi hikmah dari sebuah rasa sakit persalinan itu? Yup! Penawar dosa. Seorang ibu telah dimudahkan sekali lagi oleh Allah SWT mendapat penawar atau penggugur dosa lewat sebuah perjuangan, yaitu proses persalinan. Kita semua paham, tidak ada satupun manusia yang bersih tanpa cela. Dan penawar terbaik adalah proses pembersihan diri untuk bekal menuju kembali pada Robb, Tuhan Semesta Alam.

Seperti halnya sholat. Jangan menganggap itu sebuah kewajiban, nanti berat untuk menjalankan. Tapi anggaplah kegiatan beribadah untuk mendapatkan syafaat. Maka nantinya mindset Anda akan berubah. Mungkin dengan mengerjakan sholat, do'a-do'a Anda akan dikabulkan. Jika dalam konteks persalinan, mungkin jika Anda melalui sebuah proses susah payah, rasa sakit yang luar biasa, Anda akan mendapatkan anak yang sholeh sholehah. Aamiin Yaa Robbal Alamiin.

Sekali lagi, jika Anda ketakutan pada proses yang sudah Allah SWT tentukan ukurannya, maka kembalikan lagi kepada-Nya. Minta kepada Allah yang telah memberikan rasa sakit itu. Minta dalam sabar dan sujudmu. Tidak perlu bimbang lagi memilih metode-metode ini itu untuk menghilangkan rasa sakit. Karena yang menggenggam rasa sakitmu itu hanya Dia, Allah SWT.

Salam dari Bidanmu Rasa Pacar.

Read other articles & publications:
TES POSTCOITAL (SERI PEMERIKSAAN KESUBURAN PRIA)
Tes postcoital, atau disebut juga tes post...
TES DNA FRAGMENTASI
Tes DNA fragmentasi merupakan salah satu ...
TES KRIPTORKIDISME UNTUK PEMERIKSAAN KESUBURAN PRIA
Tes kriptorkidisme memegang peran penting ...