MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > ES KRIM UNTUK BUMIL, BOLEHKAH?

ES KRIM UNTUK BUMIL, BOLEHKAH?

by. Admin
19 June 2022
ES KRIM UNTUK BUMIL, BOLEHKAH?

Oleh : Bidan Wina


Beberapa waktu yang lalu ada postingan teman sejawat di satu tayangan media sosial membahas tentang manfaat es krim untuk ibu hamil dengan menyertakan satu produk kemasan es krim. Dalam video tersebut dikatakan bahwa manfaatnya antara lain :

1. Meningkatkan berat badan

2. Mengurangi mual

3. Mengatasi stress

4. Pembentukan tulang pada janin

5. Kaya akan gizi

Benarkah demikian? Benar, donk!

Tapiiiiii...

Yuk, catat dulu komposisi es krim pabrik biar gak lupa. Komposisinya :

Air, padatan susu, susu, whey, gula, sirup glukosa, kakao bubuk, penstabil nabati, perisa alami dan sintetik.

Nilai gizi dalam 100 ml penyajian : lemak jenuh (trans) 8 gr, protein 1 gr, karbohidrat 15 gr, gula 12 gr, natrium 40 mg.

Kita perlu mengenal terlebih dahulu tentang jenis-jenis makanan. Ada beberapa jenis klasifikasi makanan, di antaranya :

1. Makanan olahan minimal seperti sayur yang dimasak cepat, lalapan.

2. Makanan yang diawetkan, contoh : buah kaleng, sayur beku. Manfaatnya untuk mempertahankan nilai gizi dan mengunci kesegaran.

3. Makanan yang diberikan zat tambahan, penambahan rasa, pemanis, pewarna dan pengawet. Contoh : saus, daging olahan (sosis, nugget, ham), yoghurt, olahan kue, es krim.

4. Makanan siap saji. Contoh : keripik, sosis siap makan.

5. Makanan ultra proses atau olahan berat. Seperti makanan yang sudah jadi tinggal dihangatkan. Contoh : burger, pizza.

Sekarang sudah tahu kan, es krim masuk pada kategori makanan olahan yang mana?

Es krim / ice cream masuk dalam jenis makanan olahan yang mengandung zat tambahan gula, garam, dan lemak trans (lemak jenuh) yang tidak sehat.

Jika hanya dengan alasan bahwa makanan ini dapat meredakan mual pada ibu hamil terutama di trimester pertama, rasanya tidak sepadan dengan risiko masalah kesehatan, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Risiko diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, preeklamsia, dan bayi besar.

Es krim juga termasuk makanan yang tinggi kalori (ada juga yang low kalori tapi di outlet tertentu saja). Makanan jenis ini dirancang untuk merangsang hormon dopamin atau hormon kebahagiaan di otak sehingga menciptakan efek adiktif, yang mana Anda akan kembali menginginkannya dan terus menginginkannya. Maka Anda akan berpotensi untuk mengkonsumsi jenis makanan ini secara berlebihan.

Allah menciptakan segala sesuatu dengan kehati-hatian dan kecerdasan yang luar biasa. Pada trimester pertama banyak ibu hamil mengalami mual muntah, tidak nafsu makan. Ini adalah sesuatu yang wajar. Agar mengapa? Agar makannya tidak boleh banyak-banyak, agar imun tubuhnya menurun dulu, agar tubuhnya beristirahat dulu untuk beradaptasi dengan makhluk baru di dalam tubuh ibunya yang mana masih dianggap benda asing. Seperti halnya ada tamu yang masuk ke dalam rumah, kalem-kalem dulu, ya, menyambutnya. Sudah sunnahtullohnya seperti itu. Mual muntah harus tetap makan, donk! Betul. Tetapi tetap makan makanan yang halal dan thoyib, itu kuncinya.

Manusia sangat memerlukan gula untuk kinerja otak dan organ lain dalam bekerja. Yup, tapi dalam jumlah yang wajar. So, boleh makan es krim? Boleeh...tapi bunda harus bisa berkomitmen untuk makan sedikit saja, ya? Mengingat ada zat candu di dalamnya. Tentu tak baik jika berlebihan.

Semoga bermanfaat.

Salam sayang dari Bidanmu Rasa Pacar

Read other articles & publications:
MASA REMAJA / PUBERTAS, ADAKAH? (MENGAPA ISLAM TIDAK MENGGUNAKAN KATA REMAJA)
- Ustadz Budi Ashari, Lc - Saya yaki...
SPA PUTING
Oleh : Bunda Arit Widowati, Founder Sentra...
PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI
Beberapa waktu yang lalu viral tentang per...