MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > POSISI UNTUK MEMBANTU PERSALINAN AGAR LEBIH CEPAT DAN MUDAH

POSISI UNTUK MEMBANTU PERSALINAN AGAR LEBIH CEPAT DAN MUDAH

by. Admin
20 September 2020
POSISI UNTUK MEMBANTU PERSALINAN AGAR LEBIH CEPAT DAN MUDAH

Menjelang HPL, umumnya kondisi tubuh ibu hamil mulai menyesuaikan untuk mempersiapkan diri menyambut proses datangnya generasi baru muslim yang sangat dinanti-nanti. Tulang pelvis melunak untuk membuka jalan lahir, otot-otot dan sendi-sendi meregang, badan menjadi mudah pegal-pegal, sering ke toilet, dst. Kondisi ini membuat ibu hamil tidak nyaman dan menyebabkan rasa lelah yang terus menerus.

Agar ibu hamil lebih prima ketika menyambut proses persalinan, berikut ini adalah tips posisi untuk membantu persalinan agar lebih cepat dan mudah:

  1. Close physical contact, encouraging and soothing words, and eye-to-eye contact help. Tips pertama ini bisa dilakukan oleh provider ataupun pendamping persalinan yang berada dekat dengan ibu hamil. Kontak fisik dekat, semangati dan berikan kata-kata yang menenangkan, bantuan kontak mata ke mata.
  2. Although most delivery rooms have a bed, remember lying on your back slows labour. Try lifting your bottom and leaning forward with each contraction. Meskipun sebagian besar kamar persalinan memiliki tempat tidur, ingatlah bahwa berbaring telentang dapat memperlambat persalinan. Cobalah angkat pinggul Anda dan bersandar ke depan setiap kali terasa kontraksi.
  3. If you need to rest, rest with your feet lower than your bottom to keep your pelvis open. Make use of whatever you have to stay upright. Jika Anda perlu istirahat, istirahatlah dengan kaki lebih rendah dari pinggul Anda untuk menjaga jalan lahir Anda terbuka. Manfaatkan apa pun yang ada untuk bisa tetap tegak.
  4. To help your baby ease down into your pelvis you could try swaying your hips from side to side against the wall or swaying from side to side holding onto an open door. Untuk membantu bayi lebih mudah turun ke jalan lahir, Anda bisa mencoba menggoyangkan pinggul Anda pada dinding dari sisi ke sisi atau bergoyang dari sisi ke sisi dengan memegang daun pintu yang terbuka.
  5. Firm pressure or massage on your lower back can help during a contraction. Tekanan atau pijatan kuat pada punggung bawah Anda dapat membantu selama kontraksi. In membantu memberi rasa rileks dan membuka jalan bagi oksitosin untuk bekerja maksimal.
  6. If progress slows your midwife may encourage you to walk up stairs sideways to help your labour along or try kneeling on one knee. Jika kemajuannya lambat, bidan mungkin akan mendorong Anda untuk berjalan naik tangga di sisi samping untuk membantu persalinan atau mencoba berlutut pada satu lutut.
  7. Warm water can be very soothing. Contractions are often less painful in water. You can also be monitored in the pool. Air hangat sangat membantu untuk menenangkan. Dalam air, kontraksi sering terasa tidak terlalu menyakitkan. Anda juga dapat dipantau di kolam air.
  8. Your pelvis will open wider if your knees are lower than your hips. Jalan lahir Anda akan terbuka lebih luas jika lutut lebih rendah dari pinggul Anda.
  9. Rocking is often comforting. If you need continuous monitoring then you can still be in the upright position. Goyang pingggul sering memberi kenyamanan. Jika Anda perlu dimonitor secara kontinyu, maka Anda tetap bisa melakukannya dengan posisi tegak.
  10. Try kneeling if you are tired. Cobalah berlutut jika Anda lelah.
  11. Work with your midwife to find the right support to help you stay upright. Bekerjasamalah dengan bidan untuk mendapatkan dukungan yang tepat untuk membantu Anda tetap tegak

Jika anda berada di Papilio NBC, anda tak perlu mengkhawatirkan ini. Tim bidan yang mendampingi in sya Allah sudah memahami betul pentingnya membuat ibu dalam kondisi senyaman mungkin di momen persalinan. Anda berada di tangan yang tepat jika memilih bersalin di Papilio Natural Birth Center.

"Seperti mendapat bidan rasa pacar!"

Semoga tips di atas dapat bermanfaat.

Sumber :

1. Bagaimana membantu bayi ke posisi yang nyaman untuk melahirkan.

Artikel ini memberikan beberapa petunjuk dan tips untuk membantu bayi Anda ke dalam posisi terbaik ketika persalinan, mana posisi yang memudahkan dan mana yang harus dihindari?

http://www.nct.org.uk/birth/helping-your-baby-good...

2. PDF yang berisi gambar beberapa posisi untuk persalinan dan melahirkan, posisi untuk membantu persalinan Anda lebih cepat dan lebih mudah

http://www.nct.org.uk/sites/default/files/related_...

Read other articles & publications:
APA BEDANYA THUHR, NAQOO', DAN FATROH DALAM FIQIH HAID?
Oleh : Ustadz Muafa (Mokhamad Rohma Rozik...
SEMUA IBU BISA MENYUSUI, IN SYA ALLAH
Oleh : Bunda Arit Widowati, Konselor Lakta...
JODOH PERSALINAN
Bundanya adek bayi ini baru datang di usia...