MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > Menyapih dengan Cinta

Menyapih dengan Cinta

by. Admin
15 August 2017
Menyapih dengan Cinta

#Sapih #WeaningWithLove #DialogIman #GoldenAge #Aurat

#ExtendedBreastfeeding #Sempurna2Tahun #ASI2Tahun

Tanya :

Anak pertama saya prempuan,saya mnyusui sampai 26bln,yg kedua laki-laki Cuma sampai 22bln ,saya ko risih ya dliatin anak cwo ???? aplg anakny aktif kalo menyusu tgnnya g mau diem akhirnya disapih..baikny menyapih itu umur berapa bulan ya? keinginan si anak atau bagaimana ?

Bunda anin -balikpapan

Jawab :

Untuk menyapih dr segi waktu memang banyak yg berbeda-beda pendapat, ada yg kurang dr 2 thn, ada yg 2 thn tet, ada yg lebih semau bayi yg dikenal istilah extended breastfeeding. Dari segi metode jg macam2 ada yg dipaksakan pake tipu2 dan ada yg alami saja sampai si anak mau sapih sendiri, istilahnya weaning with love.

Yg pasti WHO merekomendasikan ASI eksklusif 6 bulan dilanjutkan hingga tahun kedua kehidupan bayi (2 tahun).

Bagi seorang muslim spt saya, berpegang pada Alquran dimana dalam surat Al Baqarah ayat 233 disebutkan sempurna itu 2 tahun, di ayat lain surat Al Ahqaf ayat 14 juga 2 tahun, surat Luqman ayat 15 disebutkan 30 bulan.Maaf 30 bulan itu hamil hingga menyapih. Dlm tafsir ibnu katsir hal ini mnrt pendapat Ali bin Abi thalib radiyallahuanha bayi premtur yg bisa bertahan hidup maksimal uk 6 bulan, shg masa menyusui tepat 24 bulan. Jd jika hamil nya selama 9 bulan dan ingin menyapih usia 21 bulan tdk masalah menurut ayat ini. Dlm hitungan hijriyah ya.

Balik lg ke surat Al Baqarah 233 disebutkan SEMPURNA, maka ahsannya sebagai seorang mukmin, baiknya kita ikhtiar utk mengejar yg sempurna ini yaitu hingga 2 thn, dimana jika kurang atau lebih dari 2 tahun menurut saya tdk lagi sempurna. Wallahu alam.

Saya membagi menjadi 3 pembahasan terkait penyapihan ini:

1. Kaitannya dg akidah

2. Psikologi

Dan 3. Fisiologi.

1. Kaitannya dg akidah sebagian sudah saya uraikan diatas. Dan tambahannya sebagaimana pernah diuraikan (sebelumnya maaf jika saya salah mengutip) oleh Ustad Budhi Ashari bahwa usia 2 tahun anak sudah bisa mulai dikenalkan dg iman. Yaitu dgn mengatakan secara persuasif bahwa sudah saatnya dia sapih ga lagi menyusu sama ibu/bunda/ummi/mama karena perintah Alloh, cukup sami'na wa atho'na dulu tanpa mempertanyakan "kenapa" dsb. Dan pengenalan iman ini sangat penting utk menjaga akidahnya hingga dewasanya nanti dimana mendahulukan iman diatas ilmu dan amal. Jd bukan mempertanyakan, kemudian diteliti dulu baik buruknya, baru memilih untuk percaya dan manut akan perintah Alloh atau sebaliknya akan terus mempertanyakan. Usia 2 thn anak juga sudah mulai bisa diajarkan ttg batasan aurat terutama jika bayi berjenis kelamin laki-laki dan mereka sudah bisa merekam apa yg kita sampaikan dan contohkan. Sedangkan menyusu lebih dr 2 thn atau biasa dikenal dengan extended breastfeeding, saya memang TIDAK menemukan ADA LARANGANNYA, jd sayapun tidak berani mengtakan hal tersebut tidak boleh. Balik lagi sebagaimana uraian diatas, meskipun sudah banyak hasil penelitian ilmiah yang menunjukkan makin lama menyusu makin besar manfaatnya, (kalau menurut saya) ahsannya tetap yang utama kita wajib dahulukan ikhtiar dan ajarkan yg SEMPURNA menurut ayat Alloh. Sami'na wa atho'na.

2. Secara psikologi, usia 2 tahun adalah golden age dimana anak sudah bisa menangkap yg kita sampaikan dan bahkan bisa bernegosiasi dgn pertanyaan dan jawaban. Disaat dia bisa menjawab dengan logikanya pada dasarnya dia sudah paham dan mengerti yang kita sampaikan meskipun itu sebuah penolakan atau ketidaksetujuan. Dan ini jg berkaitan dg poin 1 diatas. Usia 2 tahun ini pula perhatian bayi sudah bukan terpuaskan dan terpusat dari mulutnya (oralnya) saja, ada banyak stimulus lain yang harus dikenalkan serta diajarkan dan terlepas dari kegiatan menyusu.

3. Secara fisiologi, kandungan ASI usia berapapun tetap bagus namun yg berubah adalah sistem pencernaan anak yg sudah mulai siap dgn makanan padat mulai dr mulut hingga saluran pembuangan. ASI sbg makanan cair sudah tidak lagi sesuai dan memenuhi asupan sehari-hari dengan kebutuhan fisik dan sistem tubuhnya (susu sapi bisa dikenalkan namun sbg kuliner saja, bukan asupan rutin). Pada usia 2 tahun sempurnanya sistem pencernaan juga ditandai dg tumbuhnya gigi makin lengkap, ajarkan bayi untuk mengenal rasa lapar, banyak menguyah makanan sehingga peran air liur dapat berfungsi dengan maksimal dalam membantu mencerna makanan.

Dengan memahami 3 hal tsb diatas insya Alloh weaning with love yg sesungguhnya bisa didapatkan tanpa harus kehilangan atau mengurangi bonding yg terbentuk sebelumnya.

Sedikit tips dari saya, pastikan ibulah yang pertama kali siap menyapih, bukan si anak, dan mulailah sounding dengan kalimat persuasif dengan dialog ttg keimanan diusianya menjelang 2 tahun tentang perintah Alloh sehingga ketika dia sudah siap menyapih dirinya, usianya sudah tepat 2 tahun atau jika lebih tidak terlalu jauh juga.

Dan pilihan tetap ada pada ibu dan Ayah, meskipun ada perbedaan, yang pasti rekomendasi WHO adalah ASI eksklusif 6 bulan dilanjutkan hingga tahun kedua kehidupan bayi (2 tahun) dan perintah Alloh menyusui sempurna itu 2 tahun.

- Salam Cinta ASI -

Read other articles & publications:
MASA REMAJA / PUBERTAS, ADAKAH? (MENGAPA ISLAM TIDAK MENGGUNAKAN KATA REMAJA)
- Ustadz Budi Ashari, Lc - Saya yaki...
SPA PUTING
Oleh : Bunda Arit Widowati, Founder Sentra...
PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI
Beberapa waktu yang lalu viral tentang per...