MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > Hari ke- 6 Bayi Baru Lahir

Hari ke- 6 Bayi Baru Lahir

by. Admin
15 August 2017
Hari ke- 6 Bayi Baru Lahir

Hari ke-6

Sebelumnya maaf buat yg jijik atau tdk berkenan skip aja...soalnya saya mau ngeshare soal pup bayi saya...

Alhamdulillah...

Buat para busui klo liat pup bayi seperti ini pasti hepi ya karena warnanya yg kuning keemasan menandakan bayi mendapatkan foremilk (ASI depan) dan ASI belakang (hindmilk), hal ini juga menandakan bahwa komposisi asi yg awalnya berupa kolostrum telah berubah menjadi ASI mature (matang).

Bicara soal pup, kalo inget hari pertama melahirkan pasti pup bayi warnanya hitam atau hijau gelap yg disebut mekonium. Keluarnya Pup hitam ini juga pembawa kabar gembira lho buat kita, karena itu tandanya pencernaan bayi sehat dan lancar, jd jgn cuma kolostrum aja yg ditunggu2, si hitam lembek dan lengket inipun jg pantas kita nantikan. Jika selama 2x24 jam paska lahir mekonium ini tak kunjung keluar, ibu wajib kawatir dan segera periksakan ke dokter ya. Mekonium ini jg harus dikeluarkan dr pencernaan bayi, dan hanya ASI yg bisa melakukannya dengan maksimal terutama yg masih berupa kolostrum. Jika tidak maka dikawatirkan dpt tjd gangguan pencernaan pada bayi baik jangka pendek maupun jangka panjangnya.

Setelah mekonium ini keluar, pup bayi akan berangsur berubah mjd kehijauan/kuning kecoklatan menjadi kuning keemasan sejak usianya 3 harian ketika komposisi ASI peralihan dr kolostrum ke ASI matang. Jika selama 3 hari lebih pup bayi masih saja berwarna kehijauan dan tak kunjung berubah mjd kuning, maka perlu dievaluasi lagi manajemen menyusui dan perlekatan selama menyusui karena tandanya bayi banyak mendapatkan foremilk (ASI depan) saja yg tinggi laktose sedangkan hindmilk (ASI belakang) yg tinggi lemak masih belum maksimal.

Perlekatan yg tidak tepat bisa macam2 sebabnya, salah satunya adanya tongue tie atau lip tie. Jika sudah dipastikan tidak ada sebab ini (oleh pemeriksaan dokter/tenaga kesehatan lain/konselor ASI) maka tinggal teknik perlekatan saja yg perlu diperbaiki, dan wajar jika pada ibu yg baru melahirkan masih mengalami kesulitan karena kurang percaya diri, bentuk puting yg datar, terlalu besar, atau terlalu kecil, dll.

Jika dirasa perlu baiknya ibu segera mencari pertolongan dgn sharing dg para busui yg sukses melewati fase ini atau langsung hubungi konselor ASI terdekat karena jika tidak segera diatasi, perlekatan yg kurang tepat ini bisa menjadi penyebab kenapa bayi ASI susah naik berat badannya, iya kan karena ga dapet lemaknya ASI (hindmilk) dan jangka panjangnya mengganggu juga ke tumbuh kembang bayi.

Yuk ah baca-baca lagi...yg saya tulis ini cuma sekedar share ala ibu2 dengan bahasa kasih ibu...googling, browsing, asking, sharing....

Happy Babymooning...happy breastfeeding...

Read other articles & publications:
MASA REMAJA / PUBERTAS, ADAKAH? (MENGAPA ISLAM TIDAK MENGGUNAKAN KATA REMAJA)
- Ustadz Budi Ashari, Lc - Saya yaki...
SPA PUTING
Oleh : Bunda Arit Widowati, Founder Sentra...
PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI
Beberapa waktu yang lalu viral tentang per...