MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > MENGENAL PENYAKIT AMBEIEN PADA IBU HAMIL, AMANKAH?

MENGENAL PENYAKIT AMBEIEN PADA IBU HAMIL, AMANKAH?

by. Admin
03 January 2023
MENGENAL PENYAKIT AMBEIEN PADA IBU HAMIL, AMANKAH?

Ambeien pada ibu hamil umumnya terjadi pada trimester akhir kehamilan dimana rahim mulai membesar dan terjadi peningkatan volume darah ke pembuluh darah vena. Tak hanya itu, ibu hamil yang kesulitan bergerak juga bisa menjadi pemicu munculnya ambeien pada ibu hamil. Sebenarnya ambeien pada ibu hamil tidak berbahaya, namun bisa menjadi penyulit persalinan normal.

Penyebab Ambeien Saat Hamil

Saat hamil, kadar progesteron yang tinggi cenderung membuat pembuluh darah mudah bengkak. Ditambah lagi, ukuran rahim yang semakin membesar bisa menekan pembuluh darah balik (vena) di panggul. Tekanan ini akan menghambat aliran darah dari anus dan membuat darah tertahan pada area tersebut.

Untuk mengetahui ada tidaknya ambeien pada ibu hamil, Anda bisa melihat beberapa ciri-ciri ambeien yang terjadi pada ibu hamil berikut ini:
1. Pendarahan Setelah Buang Air Besar.
Ciri-ciri ambeien pada ibu hamil yang pertama adalah munculnya pendarahan. Pendarahan ini berbeda dari pendarahan akibat kehamilan karena tidak menyebabkan rasa sakit maupun kram di area perut. Bahkan meskipun pendarahan keluar dari anus, Anda tidak akan merasakan sakit sama sekali.
2. Rasa Gatal dan Nyeri di Sekitar Anus
Rasa gatal dan juga nyeri di sekitar anus juga bisa menjadi ciri-ciri ambeien pada ibu hamil. Gatal dapat muncul sebelum buang air besar, sedangkan rasa nyeri umumnya baru muncul setelah, atau setelah mengejan terlalu kuat.
3. Adanya Benjolan yang Gatal dan Panas
Selain itu, gejala atau ciri ambeien adalah adanya benjolan pada anus. Anda bisa merasakan benjolan ini saat merabanya. Umumnya benjolan tidak terasa sakit, namun hanya mengganjal saja. Namun pada ambeien yang parah, benjolan tersebut dapat memicu rasa gatal dan panas.
4. Rasa Sakit saat Mengejan
Ibu hamil perlu mencurigai adanya ambeien jika merasakan sakit atau nyeri ketika mengejan. Ini menjadi salah satu tanda ambeien internal, yaitu pembengkakan pembuluh darah yang tidak terasa atau teraba dari luar.

Penyebab Ambeien pada Ibu Hamil

Ibu hamil berisiko mengalami ambeien lebih tinggi karena beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya gerak atau aktivitas di trimester akhir kehamilan. Selain itu, terdapat beberapa penyebab ambeien lain yang umumnya terjadi pada ibu hamil, yaitu:
-Sering menahan buang air besar
-Duduk terlalu lama
-Mengejan terlalu lama
-Kurang serat, sayur, dan buah
-Peningkatan hormon kehamilan
-Peningkatan volume darah ke pembuluh besar
-Tekanan pada anus karena rahim membesar memicu sembelit
-Mengangkat benda berat

Mengejan terlalu kuat menjadi penyebab paling terjadinya ambeien paling sering. Saat proses mengejan, tekanan pembuluh darah di sekitar anus menjadi lebih kuat dan akhirnya memicu pendarahan.

Lalu, bagaimana cara mencegah atau mengatasi ambeien pada ibu hamil? Nantikan artikel selanjutnya.

Sumber : morulaivf.co.id/id/blog/mengenal-penyakit-ambeien-pada-ibu-hamil-amankah/

Read other articles & publications:
10 CARA MERAWAT ORGAN KEWANITAAN SECARA ALAMI AGAR TIDAK BAU
Merawat kesehatan organ kewanitaan merupa...
7 MAKANAN & MINUMAN YANG BAIK BAGI KESEHATAN ORGAN KEWANITAAN
Sebenarnya wanita tidak perlu membersihkan...
MENGATASI AMBEIEN PADA IBU HAMIL
Pada artikel sebelumnya, kita belajar meng...