MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > PAPILIO NBC, BUKAN BIDAN BIASA

PAPILIO NBC, BUKAN BIDAN BIASA

by. Admin
26 October 2022
PAPILIO NBC, BUKAN BIDAN BIASA

Menjadi bidan merupakan sebuah profesi yang mulia. Bukanlah sebuah profesi yang dianggap kuno atau ketinggalan jaman. Papilio Natural Birth Center NBC merupakan salah satu provider persalinan yang memiliki visi misi berbeda. Semua visi misinya bersumber pada Al-Qur'an dan sunnah. Sesuai dengan tuntunan Allah SWT.

Perjalanan panjang harus dilalui oleh Masruhah Erwina, owner Papilio NBC. Perempuan yang akrab disapa Bidan Wina ini menceritakan bahwa pengalaman dari dorongan sang kakak dan kakak ipar yang membuat dirinya berani mendirikan klinik bersalin dengan konsep gentIe birth. Tepatnya pada 2012, Bidan Wina mulai memberdayakan diri untuk belajar tentang persalinan yang minim intervensi. Seperti gantIe birth dan Lotus Birth.

Pada 2016 akhir, Bidan Wina mulai membangun klinik Papilio Natural Birth Center. Sebuah klinik dengan pelayanan yang nyaman, minim intervensi, serta memiliki background gentle Birth. Papilio NBC memiliki tagline, 'Mendampingi generasi rabbani". Karena memiliki misi agar si pasien dapal menghikmahi semua proses kehamilan, melahirkan, sampai menyusui hingga menyapih agar semua sesuai dengan sendi - sendi Islam. Berproses agar ibu ini bisa menjadi madrasah pertama anaknya. Bahkan sebelum si anak lahir. "Bukan hanya melahirkan anak yang sehat, sang ibu bisa melahirkan normal, tapi juga rnenjadi anak yang sholeh dan sholehah," ujar Bidan Wina.

Sebelum pandemi, Papilio NBC pun sering mernbuka kelas dengan materi "Membangun Keluarga Rabbani". Bahkan ada pula kelas bagaimana memilih calon ibu yang baik. Bidan Wina mengutarakan, salah satu inspirasi terbesarnya adalah Al-Qur'an. Contohnya adalah ia memaknai surah Ali-Imran. "Imran ini bukan nabi bukan rasul. Beliau orang biasa. Tapi dimasukkan Allah dalam Al-Qur'an. Pasti ada keislimewaan," ujar Bidan Wina.

Ternyata setelah dikaji dari keluarga Imran diberi Allah gelar Ali. tidak semua arang bahkan nabi mendapat gelar ini. Berarti ada konsep keluarga di dalam surat ini. Ada bapak, ibu, anak, sampai cucu. Bapaknya bagus. ibu bagus, generasi insyaAllah akan bagus. Keluarga Imran punya generasi besar. Nabi Isa, mencontoh ibunda Maryam. Bunda Hana mengabdi pada Allah. Mengharap anak laki-laki yang akan mengurus masjid. Namun saat lahir bunda Maryam, Hana tatap barsyukur.

Bukan hanya konsep dari keluarga yang sholih. Tapi juga dari makanan. Contohnya adalah Bunda Maryam. Di saat hamil, Maryam diberi makan oleh Allah yang dikirim melalui malaikat Jibril. Bunda Maryam diatur rahimnya oleh Allah untuk dititipi seorang nabi. Bentuk pelayanan di Papilio NBC pun mencontoh apa yang ada dalam Al -Qur'an 'Kaml memiliki jihad birth plan. Yang harus menjaga nutrisi sampai keseharian sang ibu hamil," jelas Bidan Wina.

Misalnya, sang ibu harus selalu bersyukur, harus selalu bahagia atas apa yang terjadi pada tubuhnya. Contohnya pada saat trimester pertama sang ibu mengalami mual muntah. Itu adalah hal yang alami terjadi. Proses alami tubuh untuk beradaptasi dangan hadirnya janin yang masih dianggap benda asing. "Tugas bidan adalah membersamai dan mendampingl, juga menjelaskan. Apapun yang diberi Allah, ibu harus bahagia. Agar anak ini jadi sehat," paparnya.

Selama masa keharnilan, sang ibu pun harus melakukan kegiatan yang rneningkatkan keimanan. Apapun yang ibu lihat dan dengar, apapun yang ibu rasakan akan menjadi tumbuh kembang bayinya. Melakukan kegiatan yang positif dan meningkatkan keimanan, agar menjadi anak yang sholih. "Setiap kegialan yang positif selalu libatkan calon anaknya. Misal mau sedekah bilang saja, 'ayo kita sedekah'. Ini bentuk pendidikan sejak dalarn kandungan," jabarnya.

Salah satu hal yang membedakan Papilio NBC dengan providerpersalinan lainnya adalah tim yang memiliki kasih sayang pada semua pasiennya. Bahkan mau mendampingi 24 jam. Semua tim akan melayani sepenuh hati. Mendampingi segala kebutuhan dan keperluan ibu hamil. Bahkan 100 persen tim akan mendampingi, sehingga bisa jadi teman curhat saat proses persalinan.

Saat proses persalinan pun, bidan tidak akan melakukan mtervensi. Hanya intervensi yang tepat dan tidak terlalu dini. "Sejak Papilio berdiri, saya baru melakukan episiotomi dua kali. Yang sudah jelas ada indikasinya. Misal kehabisan tenaga, detak jantung meningkat, atau posisi lahir bayi bukan kepala tapi muka. Karena sulit untuk keluar. Untuk menjaga proses fisiologisnya, kita sabar menunggu," papar Bidan Wina.

Tim bidan Papilio NBC juga tidak buru-buru menentukan pasien harus dirujuk ke rumah sakit. Misal saat pecah ketuban dini. Tidak asal rujuk. Tetap mengusahakan lahir normal. Serta memaksimalkan proses persalinan alami minim trauma. Agar pasien dapat menikmati setiap prases persalinan yang dijalaninya.

Kelebihan lainnya adalah Papilio NBC punya tempat yang privasi. Tersedia sebanyak delapan kamar yang dapat digunakan untuk bersalin. Tidak ada orang laki-laki kecuali suami pasien yang diperbolehkan masuk. Suasananya pun dibuat tenang dan menenangkan. Dengan diputarnya murotal Al-Qur'an. "Meski ada pasien non-muslim, tetap putar Al-Qur'an karena sumber ketenangan kami dari Al-Qur'an dan mereka tidak masalah. Mereka tertarik karena layanan gentle birth dan kita mendampingi 24 jam ramah jiwa ibu dan bayl. Pasien tidak ada trauma dari kehamilan dan persalinan," jelasnya.

Bertemu dengan suami yang memiliki hobi fotografi juga menambah nilai plus Papilio NBC. Pasien yang melahirkan juga mendapat pelayanan foto newborn. Sehingga bisa merekam momen newborn dan menjadi kenangan tersendiri. Baik bagi pasien rnaupun bidan.

"Selama inilebih banyak yang kenal Papilio NBC dari mulut ke mulut. Saya juga mulai edukasi lewat media sosial. Misal tentang persalinan minim trauma. Juga kehamilan dan persalinan yang tidak melupakan konsep Islami," ujar Bidan Wina.

Agar dapat melalui masa kehamilan dan persalinan yang nyaman, Bidan Wina mengatakan bahwa semua pasien dipilih yang memang berniat untuk berproses bersama. Semua aspek akan dinilai. Mulai dari ketakwaan, keimanan, sampai pengetahuan seputar kehamilan dan persalinan. "Karena kadang ada juga pasien yang jauh-jauh datang ke sini hanya untuk ikut-ikutan tanpa ada dorongan untuk berikhtiar. Yang seperti itu biasanya tidak berjodoh dengan kami, " ujar Bidan Wina.

Pasien yang berniat untuk melahirkan di Papilio NBC harus rutin rajin kontrol. Agar tim bidan bisa mengenal pasien lebih mendalam. Lalu mengisi jihad birth plan agar mengetahul bagaimana proses persalinan yang diinginkan. 'Pasien ini mengerti tidak untuk planning persalinan mendatang. Maksimal periksa di Papilio paling awal trimester 2, sekitar usia 18 minggu ke atas. Maksimal pertemuan, paling awal 32 minggu dengan kontrol tiap 2 minggu sekali. Dan pada usia 36 minggu seminggu sekali," tutupnya.

https://yatimmandiri.org/download/majalah/view/7379facdeaad28efe8eb10f8910d5855.pdf

Read other articles & publications:
CARA YANG BENAR MENGGAPAI HIDAYAH
Suatu malam seorang laki-laki menengadahka...
APA ITU MEKONIUM?
Mekonium adalah feses (tinja) pertama bayi...
FEEDBACK INHIBITOR LACTATION
Adakah di antara bunda working mom yang se...