MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > KETUBAN MECONIUM

KETUBAN MECONIUM

by. Admin
30 August 2022
KETUBAN MECONIUM

Pernah lihat warna ketuban seperti ini? Yap, ini namanya ketuban meconium. Meconium adalah pup pertama bayi yang baru lahir. Nah, jik ketubannya sudah berwarna begini berarti bayi sudah BAB di dalam rahim sebelum lahir ke dunia. Wah, bahaya dong? Tenang bunda, memang kasus ini masuk kategori waspada persalinan atau komplikasi persalinan. Namun bayi masih dapat cukup waktu untuk mendapatkan fase persalinannya walau fase tersebut harus lebih cepat daripada bayi dengan ketuban yang masih utuh.

Apakah masih bisa untuk menjalani proses persalinan normal? In sya Allah masih bisa. Dengan catatan detak jantung bayi masih normal. Apalagi jika sudah ada kontraksi yang adekuat. Proses pemantauan persalinan harus betul-betul ketat karena kita harus tahu bayi masih dalam keadaan yang baik-baik saja melalui detak jantungnya.

Salah satu keistimewaan dari klinik Papilio NBC adalah protap observasi atau pemantauan kesejahteraan janin yang super ketat. Tak hanya ditemani makan, ngobrol dan dipijat-pijat saja, namun bunda dan bayi akan selalu dipastikan dalam keadaan yang masih baik-baik saja. Keuntungan dari pemantauan yang super rajin ini adalah jika terjadi keadaan detak jantung janin yang tidak baik, maka akan ditemukan lebih dini sehingga proses rujukan ke RS bisa dilakukan dengan segera dan cepat.

Foto ini adalah milik pasien lama kami. Persalinan anak pertama, saat itu datang dengan kontraksi yang cukup kuat dengan pembukaan yang masih 1 cm. Alhamdulillah selang 8 jam observasi persalinan, atas ijin Allah subhanahu wa ta'ala lahir bayi yang sehat dan kuat.

Jadi bagaimana pendapat bunda tentang Papilio NBC? Masih bidan rasa pacar kan?

Salam,

dari Bidanmu Rasa Pacar.

Read other articles & publications:
MENGENAL PRE-EKLAMSIA
Kehamilan adalah perjalanan yang penuh tan...
TES POSTCOITAL (SERI PEMERIKSAAN KESUBURAN PRIA)
Tes postcoital, atau disebut juga tes post...
TES DNA FRAGMENTASI
Tes DNA fragmentasi merupakan salah satu ...