MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > KAPAN ASI DIPRODUKSI BERDASARKAN SUPPLY BY DEMAND?

KAPAN ASI DIPRODUKSI BERDASARKAN SUPPLY BY DEMAND?

by. Admin
16 August 2022
KAPAN ASI DIPRODUKSI BERDASARKAN SUPPLY BY DEMAND?

Pengaturan ASI terjadi ketika tubuh bunda secara alami menyesuaikan dengan jumlah ASI yang digunakan untuk menyediakan kebutuhan bayi bunda.

Ketika efek hormonal yang memengaruhi dua tahap pertama produksi ASI perlahan berkurang (tahap laktogenesis 1 & 2), suplai ASI di tahapan berikutnya sepenuhnya ditentukan oleh demand atau permintaan. Ingat prinsip supply by demand, ya bunda. Ini juga dikenal sebagai "established lactation" atau "established milk supply". Artinya proses pengaturan produksi berjalan dengan teratur, tertib, dan mapan.

Berikut ini yang bisa bunda rasakan ketika suplai ASI sudah berjalan 'teratur' :

* Payudara bunda tidak lagi terasa penuh di awal-awal menyusui dan terasa lebih lembut (tidak keras), serta bunda tidak lagi mengalami engorgement.

* Payudara mulai jarang bocor maupun letdown. Biasanya di momen-momen awal, bunda sering merasakan banjir di payudara hingga basah di pakaian dalam bunda. Seiring waktu hal ini tidak lagi terjadi.

* Pasokan ASI bunda secara keseluruhan berkurang. Bukan berarti kemudian menurun dan habis. Tapi, produksinya sudah mulai mengikuti regulasi kebutuhan bayi berdasarkan supply by demand.

Jadi, ketika suplai ASI mulai teratur, kuantitasnya terlihat seperti berkurang. Dada tak lagi terasa penuh dan bengkak. Tapi bukan berarti ada penurunan produksi. Hanya saja produksinya mengikuti supply by demand. Semakin sering dikosongkan, maka semakin sering diproduksi. Selama ada ASI keluar, maka ASI akan diproduksi kembali. Proses perpindahan regulasi ini biasanya akan terjadi antara minggu ke-6 hingga ke-12 pasca persalinan.

Ingat ya bun, produksi ASI bukan menurun sampai habis. Tak perlu galau jika bunda tak lagi merasa luber-luber seperti di awal momen menyusui. Tetap pantau tanda kecukupan ASI pada ananda. Jika masih ada kendala, segera hubungi tim Papilio NBC atau konselor laktasi terdekat.

Read other articles & publications:
APA BEDANYA THUHR, NAQOO', DAN FATROH DALAM FIQIH HAID?
Oleh : Ustadz Muafa (Mokhamad Rohma Rozik...
SEMUA IBU BISA MENYUSUI, IN SYA ALLAH
Oleh : Bunda Arit Widowati, Konselor Lakta...
JODOH PERSALINAN
Bundanya adek bayi ini baru datang di usia...