MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > PENURUNAN BERAT BADAN BAYI DI PEKAN AWAL SETELAH LAHIR

PENURUNAN BERAT BADAN BAYI DI PEKAN AWAL SETELAH LAHIR

by. Admin
06 February 2022
PENURUNAN BERAT BADAN BAYI DI PEKAN AWAL SETELAH LAHIR

Sampai saat ini, penurunan berat badan selama 3 sampai 4 hari pertama setelah lahir dianggap sebagai salah satu indikator suksesnya menyusui di pekan awal. Jika pada hari ke-4 penurunan berat badan bayi yang baru lahir berada di kisaran rata-rata 5% hingga 7%, atau ada yang berpendapat 7% - 10%, dan ini biasanya berarti proses menyusui berjalan dengan baik. Hampir semua bayi kehilangan berat badan setelah lahir.


Apakah ini normal? Bayi dilahirkan dengan membawa cairan ekstra, jadi normal bagi mereka mengalami penurunan berat badan ketika bayi kehilangan cairan itu dalam beberapa hari pertama kehidupan. Bayi baru lahir yang sehat diperkirakan akan kehilangan beberapa ons berat badannya, tetapi bayi akan mendapatkan kembali berat badan itu dalam 2 minggu pertama atau lebih setelah lahir.

Tetapi ada juga bayi yang kehilangan lebih dari 7% atau 10% dari berat lahir selama hari-hari awal ini. Apakah ini secara otomatis berarti mereka tidak mendapatkan cukup ASI? Belum tentu, menurut pendapat para ahli.

Penurunan berat badan yang lebih besar bisa jadi sama sekali tidak terkait dengan proses menyusui. Ada kemungkinan dikarenakan kelebihan cairan infus yang diterima ibu dalam 2 jam terakhir sebelum melahirkan. Kelebihan cairan infus ini membuat berat lahir bayi dalam rahim bertambah dan memberi efek diuretik (banyak pipis) setelah lahir. Bayi yang ibunya menerima lebih banyak cairan infus sebelum lahir cenderung buang air kecil lebih banyak selama 24 jam pertama mereka dan sebagai hasilnya kehilangan lebih banyak berat badan. Ini berlaku baik pada bayi yang lahir per vaginal maupun operasi caesar.

Penurunan berat badan ini tidak ada hubungannya dengan jumlah asupan ASI. Jika bunda menginginkan pengukuran yang lebih akurat, gunakan berat bayi 24 jam setelah lahir sebagai titik awal, bukan berat saat baru lahir.

Jadi tak perlu galau saat mengetahui bobot bayi menurun di beberapa hari awal pasca lahir. Fokus saja pada pemulihan diri dan manajemen laktasi. Jika ada kendala menyusui, jangan ragu berkonsultasi dengan konselor laktasi terdekat di kota bunda. Atau ke Papilio Natural Birth Center untuk yang berdomisili di Sidoarjo, Surabaya, dan sekitarnya.

Sumber :

1. Freya Birth

2. https://kidshealth.org/en/parents/grownewborn.htm...

Read other articles & publications:
MASA REMAJA / PUBERTAS, ADAKAH? (MENGAPA ISLAM TIDAK MENGGUNAKAN KATA REMAJA)
- Ustadz Budi Ashari, Lc - Saya yaki...
SPA PUTING
Oleh : Bunda Arit Widowati, Founder Sentra...
PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI
Beberapa waktu yang lalu viral tentang per...