MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > IBU HAMIL, INGATLAH, PENTINGNYA MENJAGA NIAT DALAM LELAHMU

IBU HAMIL, INGATLAH, PENTINGNYA MENJAGA NIAT DALAM LELAHMU

by. Admin
01 February 2022
IBU HAMIL, INGATLAH, PENTINGNYA MENJAGA NIAT DALAM LELAHMU

Saya bertanya, apa yang Ibu rasakan dan lakukan saat pertama kali tahu hamil?

Jawabnya rata-rata kaget, bersyukur, bingung, senang, dll.

Kemudian, saya bertanya lagi, sudahkan ibu meniatkan diri dengan bersungguh-sungguh akan menjaganya dengan sebaik-baiknya sejak saat itu? Sebagaimana niat sebelum menjalankan ibadah lainnya?

Semua terdiam...

Baiklah, saya tidak akan menanyakan satu per satu kok, tapi seandainya belum, maka saya ingin mengingatkan bahwa perjuangan hamil hingga menyapih itu melelahkan dan susah payah, sayang banget jika akhirnya berlalu begitu saja dan tidak dinilai ibadah untuk meraih ridha Alloh hanya karena kita "lupa" tidak mengawalinya dengan niat.

QS Luqman : 14
“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang tuanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan LEMAH YANG BERTAMBAH-TAMBAH, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.“

QS Al-Ahqof : 15
“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan SUSAH PAYAH, dan melahirkannya dengan SUSAH PAYAH (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Wahai Robb-ku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.”

Karenanya, mari, saat ini juga silahkan awali niat tersebut agar Alloh ridho dan menilai sebagai bagian dari ibadah dan moment peningkatan iman kita dan keluarga. Bukankah setiap amal bergantung pada niatnya?

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.”
(HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

Nah, kalau sudah niat...mari kita muhasabah diri tentang bagaimana proses terciptanya manusia dan pertumbuhan bayi dalam rahim kita dan betapa Alloh sudah memilihkan yang terbaik sejak awal dan itulah mengapa kita harus menjaganya dengan sebaik-baiknya...

Dan sayapun putarkan video pertumbuhan janin mulai sejak bertemunya sperma dan ovum hingga lahir sebagai bayi pada saat yang ditentukan-Nya...

Masyaa Alloh, ternyata reaksi ibu-ibunya diluar dugaan... Beberapa ada yang sesenggukan, ada yang berkaca-kaca, ada yang terdiam....semuanya terpana...

Alhamdulillah... Pendampingan persalinan hingga penyapihan memang bukan sekedar moment belajar bagaimana menjadi Ibu, tapi juga sebagai moment pengingat bahwa semuanya adalah jalan ibadah, jalan meraih ridho Alloh, jalan muhasabah tentang kebesaran Alloh. Dan menjaga akidah, itu yang utama.

Selamat berjuang Ibu pejuang dan penerus kesalihan....

-TIM PRENATAL CLASS PAPILIO NBC-
Bunda Arit Widowati, Konselor Laktasi Papilio NBC

Read other articles & publications:
MASA REMAJA / PUBERTAS, ADAKAH? (MENGAPA ISLAM TIDAK MENGGUNAKAN KATA REMAJA)
- Ustadz Budi Ashari, Lc - Saya yaki...
SPA PUTING
Oleh : Bunda Arit Widowati, Founder Sentra...
PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI
Beberapa waktu yang lalu viral tentang per...