MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > MASIH TENTANG OKSITOSIN

MASIH TENTANG OKSITOSIN

by. Admin
26 January 2022
MASIH TENTANG OKSITOSIN

Oleh : Bunda Arit Widowati, Konselor Laktasi Papilio Natural Birth Center dan Founder Sentra Laktasi Muslimah

Tahukah bunda, Oksitosin juga dapat menyebabkan efek pelepasan ASI atau Let Down Reflect (LDR) saat Ibu tidak menyusui?

Beberapa ibu, terutama saat bayinya masih Newborn, mungkin mengalami payudaranya mengeluarkan ASI dengan sendirinya/ngerembes saat ibu membayangkan sedang menyusui langsung atau mendengar bayinya menangis.

Meskipun oksitosin memiliki peran besar atas terjadinya refleks let-down dan pelepasan ASI dari tubuh Ibu, sebenarnya oksitosin bukan faktor utama yang menentukan kuantitas /jumlah ASI yang diproduksi payudara.

Hormon yang lebih mendominasi terkait dengan kuantitas produksi ASI adalah hormon Prolaktin yang muncul dari seringnya rangsangan di puting dan seberapa sering payudara dikosongkan.

Jadi, jumlah produksi ASI bergantung pada jumlah prolaktin, sedang pelepasannya terkait dengan adanya oksitosin. Ingat-ingat rumus ini, ya bunda.

Bonding dan Pelepasan Oksitosin

Pelepasan Oksitosin yang terjadi selama menyusui juga dapat membantu terbentuknya bonding atau ikatan emosional yang kuat dengan bayi, sebuah hormon yang dapat menimbulkan perasaan cinta dan ibupun menjadi lebih responsif dalam mengasuh bayinya.

Selama menyusui dan kontak kulit ke kulit, tubuh ibu dan bayi menghasilkan oksitosin. Kontak kulit-ke-kulit atau skin to skin merupakan bagian dari IMD yang salah satu manfaatnya juga untuk membantu meningkatkan pelepasan oksitosin keduanya sesaat setelah bayi lahir.

Hal ini membantu memudahkan bayi mencari dan menempel pada payudara, menciptakan ikatan yang kuat, dan meningkatkan peluang keberhasilan menyusui dua tahun ke depan insya Alloh.

Secara ilmiah, hormon Oksitosin ini keluar dari sistem syaraf pusat di otak dan juga di pencernaan ibu dan bayi yang menimbulkan efek rileks, mengantuk, happy, dan bahagia.

Bayangkan jika hal ini berlangsung terus-menerus selama 2 tahun sempurna, ada berapa banyak cinta yang timbul dan saling terikat?

MasyaaAlloh....Allohu Akbar, Maha Benar Alloh dengan firmanNya dalam Al Qur'an surat Al Hajj ayat 5 :

"(Ingatlah) pada hari ketika kamu melihatnya (goncangan itu), semua perempuan yang menyusui anaknya akan lalai terhadap anak yang disusuinya, dan setiap perempuan yang hamil akan keguguran kandungannya, dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapi azab Allah itu sangat keras".

Hanya dahsyatnya goncangan kiamatlah yang mampu melalaikan seorang Ibu menyusui dari bayi yang disusuinya.

Tentunya menyusui yang menciptakan ikatan kuat ini adalah yang senantiasa melibatkan kontak pengasuhan responsif dan emosional yang positif. Inilah hikmah yang terkandung dalam surat An Nahl 78 :

"Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur."

Jika bunda mengalami kesulitan menyusui, solusi utamanya adalah pelajari dan perbaiki manajemen laktasinya. Jika perlu, segera konsultasikan ke konselor laktasi terdekat di kota bunda.

Read other articles & publications:
TES POSTCOITAL (SERI PEMERIKSAAN KESUBURAN PRIA)
Tes postcoital, atau disebut juga tes post...
TES DNA FRAGMENTASI
Tes DNA fragmentasi merupakan salah satu ...
TES KRIPTORKIDISME UNTUK PEMERIKSAAN KESUBURAN PRIA
Tes kriptorkidisme memegang peran penting ...