MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > PERUBAHAN KAPASITAS LAMBUNG BAYI DI PEKAN-PEKAN AWAL KEHIDUPAN

PERUBAHAN KAPASITAS LAMBUNG BAYI DI PEKAN-PEKAN AWAL KEHIDUPAN

by. Admin
04 January 2022
PERUBAHAN KAPASITAS LAMBUNG BAYI DI PEKAN-PEKAN AWAL KEHIDUPAN

Perut bayi newborn tidak meregang/melar - {Zangenet al 2001}. Peneliti menemukan bahwa di hari pertama dinding perut bayi yang baru lahir kencang dan tidak meregang. Pada hari ke-3 perut mulai mengembang perlahan untuk menampung lebih banyak ASI. Menariknya, hari ke-3 hingga ke-5 adalah periode di mana volume asi mulai meningkat untuk sebagian besar newmom. Ma sya Allah ya? Allah sudah menakar sedemikian pasnya sesuai kebutuhan.

Kapasitas perut bayi dipengaruhi oleh berat lahir mereka, namun perbedaannya tidak terlalu substansial.

Hari 1: Perut bayi bunda besarnya seukuran buah ceri. Dapat menampung sebanyak 5 - 7ml dalam sekali sesi minum. Payudara bunda akan menghasilkan sekitar 37ml (1oz) kolostrum dalam 24 jam pertama dan ini semua cukup untuk kebutuhan bayi bunda.

Hari 3: Perut bayi bunda mulai berkembang seukuran kenari. Perutnya dapat menampung ASI sebanyak 22-27ml dalam satu kali sesi menyusu.

Pekan 1 : Perut bayi seukuran aprikot dan dapat menampung 45 - 60ml ASI. Dalam waktu 1 pekan, bayi bunda akan mendapatkan kembali berat badan yang sempat turun saat di hari-hari awal.

1 Bulan : Perut bayi membesar menjadi seukuran telur dan dapat menampung 80-150ml sekali sesi menyusui. Peneliti menyebutkan bahwa asupan ASI cukup konstan setelah bulan pertama dan berat badannya tidak meningkat mencolok atau banyak seiring bertambahnya usia. Maka jangan galau jika pertambahan BB tidak begitu signifikan. Yang penting dipantau saja terus dan tetap ada kenaikan tiap bulannya.

Bayi newborn umumnya menyusu sebanyak 8 - 12x dalam 24 jam, yang berarti mereka menyusu setiap 1 - 3 jam.

Namun, menyusui langsung dan pengosongan payudara secara teratur penting untuk menjaga pasokan ASI. Susui semau bayi, jangan terpatok dengan waktu.

Tanda bayi cukup ASI seperti apa sih? Catat baik-baik ya bunda. Tanda kecukupan ASI adalah sebagai berikut :

* Menyusu 8-12 kali dalam periode 24 jam.
* Tampak puas, kenyang, dan bahagia setelah selesai menyusu.
* BB bertambah sebanyak 155- 240 gram atau 5.5-8.5 ons tiap pekan hingga usia 4 bulan.
* Bayi tampak jelas sekali saat menelan ASI.
* Pup bayi beralih warnanya ke kuning dengan tekstur lebih lembek pada hari kelima.
* Frekuensi pipisnya menyesuaikan usia bayi. Usia 2 hari minimal 2x pipis, 3 - 4 hari minimal 3 - 4z pipis, dalam kurun waktu 24 jam. Di atas 5 hari, minimal pipis 5-6x dalam sehari.
* Terlihat aktif saat bangun dan berkembang memenuhi tahapan perkembangan mereka.

Bagaimana, sudah dicatat, bunda? Peningkatan BB yang konstan atau stabil walau mungkin kecil, seharusnya tidak membuat para ibu galau. Bayi asi memang umumnya tidak gemuk. Tapi in sya Allah mereka lincah dan aktif. Selama tanda kecukupan ASI terpenuhi, itu sudah cukup. Penuhi asupan nutrisi dan jiwanya dengan terus susui semau bayi. Jangan terfokus harus mencapai BB tertentu. Bunda harus tetap tenang dan fokus agar produksi ASI tetap terjaga.

Sumber : @moomysmilk

Read other articles & publications:
MASA REMAJA / PUBERTAS, ADAKAH? (MENGAPA ISLAM TIDAK MENGGUNAKAN KATA REMAJA)
- Ustadz Budi Ashari, Lc - Saya yaki...
SPA PUTING
Oleh : Bunda Arit Widowati, Founder Sentra...
PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI
Beberapa waktu yang lalu viral tentang per...