MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > MORNING SICKNESS ATAU MUAL SAAT HAMIL : CARA MENGHADAPINYA

MORNING SICKNESS ATAU MUAL SAAT HAMIL : CARA MENGHADAPINYA

by. Admin
31 May 2021
MORNING SICKNESS ATAU MUAL SAAT HAMIL : CARA MENGHADAPINYA

Morning sickness atau mual saat hamil dialami oleh 90% wanita, umumnya pada trimester pertama. Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe adalah obat yang efektif mengurangi rasa mual di awal kehamilan.

Namun ibu hamil harus mengetahui fakta atau mitos seputaran jahe bagi kehamilan. Berikut ini 4 fakta atau mitos tentang jahe saat hamil:

1. Jahe membantu morning sickness, mitos atau fakta? Jawabnya, fakta. Minum atau mengonsumsi jahe (misal permen jahe) membantu mengurangi mual di awal kehamilan.

2. Mengonsumsi jahe dapat menyebabkan cacat lahir, mitos atau fakta? Jawabnya, mitos. Bukti ilmiah di balik ini tidak ditemukan.

3. Dosis tinggi mempengaruhi kehamilan, benar atau salah? Salah. Jahe jarang memberi efek buruk siapa pun tetapi mengonsumsi jahe lebih dari 5 mg per hari dapat menyebabkan gastritis, heartburn (sensasi perih dan panas seperti terbakar di dada), dan terkadang aritmia (gangguan irama jantung).

4. Ibu hamil harus menghindari jahe, benar atau salah? Jawabnya, tergantung. Jahe dapat mengurangi kerja obat tekanan darah rendah. Jadi, dalam hal ini, hindari ibu hamil dalam pengobatan tekanan darah rendah. Juga, hindari jahe jika Anda pernah mengalami pembekuan darah sebelumnya.

Tetapi jika jahe bukan kesukaan anda, berikut enam perawatan alami lainnya yang bisa menjadi pilihan :

1. Jika anda mendapat resep vitamin prenatal, ganti vitamin prenatal anda. Kandungan zat besi yang tinggi pada vitamin prenatal dapat menyebabkan mual. Beralihlah ke vitamin dengan formula rendah zat besi hanya pada trimester pertama.

2. Batasi asupan cairan dengan makan. Jangan minum dalam porsi banyak sekaligus. Sebagai gantinya siasati dengan cara minum sedikit-sedikit di antara waktu makan.

3. Pijatan di titik-titik tertentu. Berikan pijatan pada saraf antimual yang terletak di pergelangan tangan yang sejajar dengan telapak tangan. Tekan sisi dalam pergelangan kanan Anda dengan dua jari. Tahan hingga 60 detik. Dan ulangi sesuai kebutuhan.

4. Bila hendak bangun dari posisi rebahan atau tidur, lakukan perlahan. Bangun terlalu cepat di pagi hari atau setelah tidur siang menyebabkan pusing.

5. Sarapanlah di tempat tidur. Makan beberapa crackers 20 sampai 30 menit sebelum bangun.

6. Beri wangi-wangian pada saputangan Anda. Masukkan saputangan yang ditetesi dengan kombinasi sedikit lavender dan minyak peppermint ke dalam kantong plastik kecil dan simpan di dompet Anda agar wanginya tahan lama. Dekatkan saputangan ke hidung dan tarik napas dalam-dalam saat Anda merasa mual.

Mual saat hamil adalah sesuatu yang sifatnya normal, terjadi pada sebagian besar wanita yang hamil. Ada yang mengalami mual ringan, sedang, hingga berat. Jika mengalami yang berat hingga tak mampu beraktivitas, segera konsultasikan dengan tenaga kesehatan yang Anda percaya.

Jangan lupa untuk senantiasa memohon perlindungan pada Allah agar tetap dijaga baik ibu dan janinnya. Semoga kesabaran ibu menjalani proses kehamilan itu menjadi catatan amal yang besar di sisi Allah.

Aamiin Ya Robbal'aalamiin.

Semoga bermanfaat.

Sumber : FP Blissfully Pregnant

Read other articles & publications:
MASA REMAJA / PUBERTAS, ADAKAH? (MENGAPA ISLAM TIDAK MENGGUNAKAN KATA REMAJA)
- Ustadz Budi Ashari, Lc - Saya yaki...
SPA PUTING
Oleh : Bunda Arit Widowati, Founder Sentra...
PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI
Beberapa waktu yang lalu viral tentang per...