MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > TANTANGAN MENYUSUI, SUMBATAN, DAN PIJAT LAKTASI

TANTANGAN MENYUSUI, SUMBATAN, DAN PIJAT LAKTASI

by. Admin
24 April 2021
TANTANGAN MENYUSUI, SUMBATAN, DAN PIJAT LAKTASI

Ternyata masih banyak ibu menyusui yang belum mengetahui jika payudara penuh, akan menyebabkan tersumbat atau terjadi bendungan ASI di mana jika hal ini dibiarkan bisa beresiko terjadinya Mastitis dan Engorgement.

Apa itu mastitis? Apa itu engorgement?

Mastitis adalah peradangan pada jaringan payudara. Biasanya dialami para ibu menyusui di trimester awal. Tapi bisa juga terjadi pada ibu yang sudah menyusui lama. Gejalanya yang perlu diwaspadai : payudara memar kemerahan, sering terasa gatal di payudara, payudara terasa perih saat menyusui, terdapat benjolan atau bisul di payudara, ukuran salah satu payudara lebih besar karena pembengkakan, puting mengeluarkan nanah, sering merasa lelah, terdapat pembesaran kelenjar getah bening di ketika, demam.

Engorgement adalah pembengkakan payudara yang disebabkan oleh meregangnya pembuluh darah dan adanya tekanan air susu yang baru diproduksi. Pembengkakan biasanya terjadi saat kolostrum mulai berubah menjadi ASI matang. Namun, pembengkakan dapat juga terjadi jika ibu melewatkan beberapa sesi menyusui atau tidak cukup mengeluarkan ASI dari payudara.

Dari pengalaman konseling beberapa klien, banyak yang baru tahu jika payudaranya ada bendungan asi atau sumbatan setelah dilakukan pemeriksaan dan terasa sakit. Bahkan yang sudah terasa sakit tak berani lagi menyusui apalagi dimassage.

Salah satu klien dulu adalah seorang ibu baru melahirkan bayi usia 2-3 hari. Dia mengaku taj berani memegang apalagi mepijat dan memerah karena katanya takut meletus (seperti balon).

Alhamdulillah setelah dilakukan konseling dan edukasi cara pijat laktasi, ibu tersebut mengaku langsung terasa enteng dan keesokan harinya dia sudah mampu memerah kolostrum dengan kuantitas lumayan banyak.

Ada juga seorang ibu yang belum pernah memerah ASI tapi merasakan ada bagian yang sakit dan takut memerah karena trauma penggunaan pompa yang kurang tepat waktu anak sebelumnya yang membuatnya kesakitan tapi ASI tetep tak keluar.

Jika ibu mengalami payudara bengkak, bendungan asi, atau tersumbat bahkan mastitis, jangan ketakutan terlebih dahulu. In sya Allah ada jalan keluarnyan. Solusinya adalah :

1. Dengan mengeluarkan ASInya baik dengan disusukan langsung, diperah tangan atau dengan pompa asi yang recommended.

2. Supaya bisa keluar dengan lancar dan maksimal maka payudara harus dimassage terlebih dulu sampai terasa lunak, baru ASInya dikeluarkan. Mengapa? Karena ASI itu cairan padat. Artinya dia bisa mengendap jika tidak dialirkan, sama seperti bubur cair. Kalau payudara sudah lunak maka bayipun lebih mudah menyusu dengan maksimal dan jika diperah juga akan lebih cepat kosong dengan maksimal.

3. Kompress hangat atau dingin boleh dilakukan pada payudara yang terasa sakit. Tapi ingat, itu hanya mengurangi rasa sakitnya saja, bukan mengatasi sumber permasalahan. Ibu tetap harus melakukan dua hal di atas. Mintalah pendampingan konselor laktasi terdekat untuk informasi yang lebih tepat dan sesuai dengan kondisi ibu.

Kapan kondisi ini terjadi?

Bisa sewaktu-waktu, tapi seringnya di saat awal menyusui di 70 jam (hari ke-3) pasca melahirkan karena periode ini adalah tahap Laktogenesis II di mana produksi ASI sedang banyak-banyaknya dan sepenuhnya dikontrol oleh faktor hormonal

Maka, ibu yang baru melahirkan lebih direkomendasikan untuk menjadwalkan konseling pada periode ini di mana konselor laktasi bisa mengajarkan bagaimana manajemen laktasi untuk mencegah engorgement dan mengatasinya. Kalau baru melahirkan biasanya payudara masih terasa lembek dan belum terasa aliran asi.

Bagi para ibu yang melahirkan di Papilio Natural Birth Centre, sudah menjadi bagian dari paket pelayanan pasca persalinan untuk mendapatkan pendampingan langsung dari Bunda Arit Widowati selaku Konselor Laktasi andalan di sana.

Yuk..! Yang sedang hamil, cari provider seperti Papilio ini ya, yang bukan hanya pro alami, syar'i, pro ASI, pro IMD, pro room in, pro bebas jahitan, tapi juga pro pendampingan edukASI menyusui.

Silakan hubungi nomer admin yang tertera di web ini.

Cara massage yang benar itu bagaimana ya? Jangan khawatir. Pasien Papilio akan diajari Bunda Arit langsung sampai bisa loh. Tunggu apalagi? Bumil, yuk merapat ke Papilio Natural Birth Center.

Read other articles & publications:
MASA REMAJA / PUBERTAS, ADAKAH? (MENGAPA ISLAM TIDAK MENGGUNAKAN KATA REMAJA)
- Ustadz Budi Ashari, Lc - Saya yaki...
SPA PUTING
Oleh : Bunda Arit Widowati, Founder Sentra...
PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI
Beberapa waktu yang lalu viral tentang per...