MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > Breastfeeding Is Natural

Breastfeeding Is Natural

by. Admin
01 April 2021
Breastfeeding Is Natural

Menyusui adalah sesuatu yang alami. Tapi bukan se-alami bernafas. Sama-sama alami namun berbeda dalam hal prosesnya.

Bernafas itu prosesnya terjadi secara reflek, spontan, tak perlu berpikir, dan tanpa perlu diajari.

Sementara menyusui itu lebih tepat jika disamakan dengan berjalan. Manusia normalnya bisa berjalan, bukan? Tapi untuk bisa berjalan ini perlu tahapan belajar di awal. Saat bayi, manusia tak bisa langsung berjalan begitu saja. Ada prosesnya. Dari tiduran, lalu berguling dan tengkurap. Setelah kuat berguling, belajar duduk sambil menguatkan punggung. Kemudian mencoba merangkak. Tidak langsung berdiri. Setelah terbiasa merangkak, mulailah belajar berdiri. Agak goyang-goyang kakinya. Lalu mencoba mengambil langkah pertama, terus terjatuh. Berdiri lagi, melangkah, jatuh. Mencoba lagi, sempoyongan, tertatih-tatih, lalu mulai bisa jalan. Dan bahkan pada akhirnya bisa berlari.

Proses yang panjang.

Tak berbeda dengan menyusui. Ada proses dan tahapan. Dimulai dari sejak hamil, proses laktogenesis dimulai. Lalu saat melahirkan, ada IMD. Nah, di saat inilah mulai ada kendala.

Seperti halnya saat belajar jalan ada momen jatuhnya, begitu pula saat menyusui pertama kali. Ada yang asinya sudah keluar sedikit. Ada yang belum keluar sama sekali. Ada yang bayinya bisa melakukan perlekatan ke PD dengan baik, ada yang tidak. Ada ibu yang belum tahu bagaimana posisi perlekatan yang baik, ada yang sudah. Apakah ini menunjukkan ibu yang satu lebih baik dari yang lain? Tidak. Setiap individu bisa punya tahapan yang berbeda dalam hal tingkat kesulitannya. Tapi seperti halnya bayi yang sedang belajar jalan, pada akhirnya semua bayi akan bisa berjalan. Demikian pula para ibu, yang terus berjuang belajar pada akhirnya akan bisa menyusui. In sya Allah.

Tidak semua bayi bisa berjalan dengan sendirinya. Ada yang harus dituntun dulu, dipegangi saat jalan agar tidak jatuh. Demikian pula seorang ibu yang masih dalam proses belajar menyusui. Adakalanya perlu bimbingan dan tuntunan orang lain agar tak gagal. Diajarin, didampingi, disupport, diberi ilmu agar akhirnya paham bagaimana menyusui dengan lancar. Bukan sesuatu yang memalukan jika seorang ibu butuh bantuan agar bisa menyusui. Bukan sebuah aib. Justru orang sekitarnya harusnya aktif dan sangat suportif membantu dan memberi dukungan. Ketika kita para ayah, kakek, nenek, bude, tante, kakak, sepupu, tetangga, teman begitu suportif agar seorang bayi bisa belajar berjalan, support yang sama harusnya diberikan juga kepada seorang ibu menyusui.

Bagaimana cara mendukungnya?

Ajari, dampingi, penuhi kebutuhannya, beri kenyamanan dan keamanan, hibur dengan kata-kata positif jika ada kendala, ajak ke konselor laktasi bila kendalanya belum terpecahkan. Orang di sekitarnya juga perlu belajar tentang apa yang dibutuhkan agar prosesnya bisa lancar sehingga bisa mengawasi, menuntun, dan mengarahkan. Sang ibu juga perlu menguatkan diri untuk tetap semangat berjuang agar pada akhirnya nanti dia bisa "berjalan".

Hadist berikut hendaknya menjadi motivasi bagi orang sekitar ibu menyusui untuk semangat membantunya berjuang agar bisa sukses memenuhi hak penyusuan buah hatinya:

"Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia lain. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid ini -masjid Nabawi- selama sebulan penuh."

(HR. Ath-Thabrani)

Syaikh Al Albani mengatakan hadis ini hasan.

Nikmati setiap prosesnya.

Bersabarlah di setiap kesulitannya.

Jangan pernah menyerah berusaha.

Read other articles & publications:
MASA REMAJA / PUBERTAS, ADAKAH? (MENGAPA ISLAM TIDAK MENGGUNAKAN KATA REMAJA)
- Ustadz Budi Ashari, Lc - Saya yaki...
SPA PUTING
Oleh : Bunda Arit Widowati, Founder Sentra...
PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI
Beberapa waktu yang lalu viral tentang per...