MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > MASIH TENTANG OKSITOSIN

MASIH TENTANG OKSITOSIN

by. Admin
15 February 2021
MASIH TENTANG OKSITOSIN

Tahukah bunda Oksitosin juga dapat menyebabkan efek pelepasan ASI atau Let Down Reflect (LDR) saat Ibu tidak menyusui?

Beberapa Ibu, terutama saat bayinya masih Newborn, mungkin mengalami payudaranya mengeluarkan ASI dengan sendirinya/ngerembes saat ibu membayangkan sedang menyusui langsung atau mendengar bayinya menangis.

Meskipun oksitosin memiliki peran besar atas terjadinya refleks let-down dan pelepasan ASI dari tubuh Ibu, sebenarnya oksitosin bukan faktor utama yg menentukan kuantitas /jumlah ASI yang diproduksi payudara.

Hormon yang lebih mendominasi terkait dengan kuantitas produksi ASI adalah hormon Prolaktin yang muncul dari seringnya rangsangan di puting dan seberapa sering payudara dikosongkan.

Jadi...jumlah produksi ASI bergantung pada jumlah prolaktin, sedang pelepasannya terkait dengan adanya oksitosin. Get the point'..?

Bonding dan pelepasan Oksitosin

Pelepasan Oksitosin yang terjadi selama menyusui juga dapat membantu terbentuknya bonding atau ikatan emosional yang kuat dengan bayi, sebuah hormon yang dapat menimbulkan perasaan cinta dan ibupun menjadi lebih responsif dalam mengasuh bayinya.

Selama menyusui dan kontak kulit ke kulit, tubuh ibu dan bayi menghasilkan oksitosin. Kontak kulit-ke-kulit atau skin to skin merupakan bagian dari IMD yang salah satu manfaatnya juga untuk membantu meningkatkan pelepasan oksitosin keduanya sesaat setelah bayi lahir.

Hal ini membantu memudahkan bayi mencari dan menempel pada payudara, menciptakan ikatan yang kuat, dan meningkatkan peluang keberhasilan menyusui dua tahun ke depan insya Alloh.

Secara ilmiah, Hormon Oksitosin ini keluar dari sistem syaraf pusat di otak dan juga di pencernaan ibu dan bayi yang menimbulkan efek relax, ngantuk, happy, dan bahagia.

Bayangkan jika hal ini berlangsung terus-menerus selama 2 tahun sempurna, ada berapa banyak cinta yang timbul dan saling terikat?

MasyaaAlloh....Allohu Akbar, Maha Benar Alloh dengan firmanNya dalam Al Qur'an surat Al Hajj ayat 5:

"(Ingatlah) pada hari ketika kamu melihatnya (goncangan itu), semua perempuan yang menyusui anaknya akan lalai terhadap anak yang disusuinya, dan setiap perempuan yang hamil akan keguguran kandungannya, dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapi azab Allah itu sangat keras".

.

Hanya dahsyatnya goncangan kiamatlah yang mampu melalaikan seorang Ibu menyusui dari bayi yang disusuinya

.

Tentunya menyusui yang senantiasa melibatkan kontak pengasuhan responsif dan emosional yang positif ya Bun....(post tentang surat An Nahl 78).

.

Jika bunda mengalami kesulitan menyusui, solusi utamanya adalah pelajari dan perbaiki manajemen laktasinya. Jika perlu segera temui Konselor Laktasi, jika membutuhkan pendampingan, silahkan hubungi tim Sentra Laktasi Muslimah terdekat.

.

By: Bunda Arit Widowati, KL

* Bunda Arit Widowati adalah Konselor Laktasi andalan Papilio NBC sekaligus Founder komunitas Sentra Laktasi Muslimah. Setiap pasien yang melahirkan di Papilio Natural Birth Center mendapatkan layanan konseling dari beliau. Hubungi admin Papilio NBC untuk reservasi.

Read other articles & publications:
MASA REMAJA / PUBERTAS, ADAKAH? (MENGAPA ISLAM TIDAK MENGGUNAKAN KATA REMAJA)
- Ustadz Budi Ashari, Lc - Saya yaki...
SPA PUTING
Oleh : Bunda Arit Widowati, Founder Sentra...
PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI
Beberapa waktu yang lalu viral tentang per...