MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > OKSITOSIN DAN RASA HAUS SAAT MENYUSUI

OKSITOSIN DAN RASA HAUS SAAT MENYUSUI

by. Admin
11 February 2021
OKSITOSIN DAN RASA HAUS SAAT MENYUSUI

Oksitosin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar khusus pada otak yang penting dalam proses menyusui. Oksitosin juga memiliki banyak fungsi lainnya dalam tubuh manusia. Hormon ini dapat meningkatkan relaksasi, menurunkan stres dan kecemasan, menurunkan tekanan darah, dan juga dapat menyebabkan kontraksi otot.

Oksitosin juga merupakan hormon yang muncul saat terjadi hubungan sosial yang penuh ikatan, kepercayaan, dan cinta. Ketika persalinan, hormon oksitosin dapat menyebabkan rahim berkontraksi dan mendorong bayi keluar. Dia juga muncul saat orgasme, dan memainkan peran penting dalam menyusui. Oksitosin dikenal sebagai hormon keibuan, hormon ikatan, hormon anti stres, dan hormon cinta.

Mengapa Oksitosin Penting dalam Menyusui?

Menyusui dapat merangsang pelepasan oksitosin dari otak sehingga memungkinkan bayi mendapatkan ASI dari payudara kita, bersamaan dengan itu juga menyebabkan penyusutan rahim lebih cepat kembali pada kondisi semula setelah bayi lahir. Saat menyusui, hormon oksitosin dapat memicu refleks let-down (LDR) yang diawali dari rangsangan saat mulut bayi menyentuh payudara Ibu — terutama pada puting — sel saraf di payudara mengirimkan sinyal ke otak untuk melepaskan hormon ini. Oksitosin menyebabkan otot-otot di sekitar kelenjar pembuat susu di payudara berkontraksi dan selanjutnya memeras ASI ke dalam saluran susu yang juga berkontraksi untuk mendorong ASI keluar dari puting ke mulut bayi.

Saat bayi terus menyusu, semakin banyak oksitosin dilepaskan, dan ASI terus mengalir keluar dari payudara ke bayi. Pelepasan oksitosin ini dapat membuat Ibu mengantuk dan rileks. Selain itu juga dapat menaikkan suhu tubuh Ibu sehingga terasa hangat/panas saat menyusui. Hal inilah yang membuat Ibu merasa haus, atau bahkan membuat sakit kepala juga.

Nah, buat busui jangan lupa ya selalu sediakan minum di dekatmu bahkan saat menyusui di malam hari menjelang tidur. Selalu sempatkan untuk minum air putih, hingga terpenuhi kebutuhan mineral sehari selain juga dari asupan sayur dan buah.

.

Allohu Akbar...Ma sya Allahu la quwwata illa billah, sebuah hikmah luar biasa bagaimana Alloh mengatur alarm tubuh kita secara alami untuk memastikan tubuh kita selalu cukup mineral untuk memproduksi ASI.

Jika bunda mengalami kesulitan menyusui, solusi utamanya adalah pelajari dan perbaiki manajemen laktasinya. Jika perlu segera temui Konselor Laktasi. Jika membutuhkan pendampingan, silahkan hubungi tim Sentra Laktasi Muslimah terdekat. Bagi klien Papilio Natural Birth Center, in sya Allah sudah termasuk mendapatkan layanan konselor laktasi andalan yang juga merupakan founder dari Sentra Laktasi Muslimah, yaitu Bunda Arit Widowati. Segera hubungi admin Papilio NBC untuk reservasi ibu hamil di nomer hotline kami.

Read other articles & publications:
MASA REMAJA / PUBERTAS, ADAKAH? (MENGAPA ISLAM TIDAK MENGGUNAKAN KATA REMAJA)
- Ustadz Budi Ashari, Lc - Saya yaki...
SPA PUTING
Oleh : Bunda Arit Widowati, Founder Sentra...
PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI
Beberapa waktu yang lalu viral tentang per...