MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > Grok Grok Bayi

Grok Grok Bayi

by. Admin
08 May 2018
Grok Grok Bayi

“Babyku pilek, kenapa ya?”, bayi umur 1 bulan

“Napasnya bayiku kok bunyi grok-grok,” , bayi umur 2 bulan

"Gimana nih bayiku 3 bulan masih bunyi napasnya?"

“Napas bayi saya berbunyi grok-grok. Kata teman saya mungkin alergi susu. Apa saya harus pantang minum susu dan produk protein susu sapi?”
.
“Kenapa bunyi grok-grok bayi saya kencang sekali ya? Apa pas lahir nggak bersih disedotnya?”

Kira-kira itulah pertanyaan para bunda yang datang ke papilio NBC
.
"Bunda, bayinya tidak sakit sama sekali. Ia tidak juga pilek. ngapain minum obat, atau disedot ingusnya dengan mulut Ibu, apalagi diuap (diterapi inhalasi). Saya juga tidak curiga bayinya alergi susu sapi. Ini juga tidak ada hubungannya dengan proses pembersihan lendir saat bayi baru lahir. Yang bayi Ibu alami adalah kondisi yang namanya "#noisybaby" (atau #noisybreathing).”
Apa pula itu?
.
1. Diameter saluran napas bayi saat baru lahir sampai usianya 6 bulan masih relatif sempit, sehingga udara yang melewati saluran napas ini, apalagi ditambah dengan adanya lendir, meskipun tidak banyak, akan menghasilkan suara nyaring, umumnya "grok-grok". Bayi cenderung memproduksi banyak air liur/lendir dan kadang tidak langsung menelannya, tetapi mengumpulkannya di mulut. Seiring bertambahnya usia, diameter saluran napas akan makin lebar dan bunyi ribut ini menghilang dengan sendirinya.
2. Bayi cenderung bernapas dengan hidung alias "nose breather". Kondisi ini makin memperjelas bunyi "grok-grok" yang ada, apalagi bila ada lendir.
3. Saluran napas bayi mudah bereaksi dengan benda asing seperti debu, asap rokok, dan alergen lain. Lendir adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh.
4. Ibu hanya perlu khawatir bila "grok-grok" disertai sesak napas yang ditandai dengan otot-otot dinding dada bayi yang bekerja keras.
5. Ada kondisi lain namanya #laringomalasia, akibat tulang rawan pita suara yang belum berkembang sempurna, dan seiring waktu (biasanya pada usia 6 bulan) menjadi cukup paten. Bunyi #grokgrok pun menghilang.

Read other articles & publications:
MASA REMAJA / PUBERTAS, ADAKAH? (MENGAPA ISLAM TIDAK MENGGUNAKAN KATA REMAJA)
- Ustadz Budi Ashari, Lc - Saya yaki...
SPA PUTING
Oleh : Bunda Arit Widowati, Founder Sentra...
PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI
Beberapa waktu yang lalu viral tentang per...