MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > MENGENAL HISTEROSALFINGOGRAFI (HSG)

MENGENAL HISTEROSALFINGOGRAFI (HSG)

by. Admin
23 January 2024
MENGENAL HISTEROSALFINGOGRAFI (HSG)

Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan untuk melihat kondisi rahim dan area di sekitarnya dengan menggunakan sinar Rontgen (sinar-X). Pemeriksaan ini umumnya dilakukan pada wanita yang memiliki masalah kesuburan atau keguguran yang berulang.

Histerosalpingografi bisa disebut juga sebagai uterosalpingografi atau hidrotubasi. HSG menggunakan bahan pewarna kontras pada pemeriksaan foto Rontgen untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas. Melalui gambar tersebut, masalah yang terjadi di rahim dan saluran telur (tuba falopi) dapat terlihat.

Tujuan utama histerosalpingografi adalah mengevaluasi kelainan anatomi dalam sistem reproduksi wanita. Prosedur ini sering digunakan untuk menentukan apakah ada sumbatan atau kelainan lain dalam saluran tuba yang dapat menyebabkan kesulitan hamil.

Selain itu, histerosalpingografi juga dapat membantu mengidentifikasi adanya kelainan pada rahim, seperti polip atau septum. Informasi yang diperoleh dari gambaran hasil histerosalpingografi dapat membantu dokter merencanakan penanganan lebih lanjut, terutama bagi pasangan yang mengalami masalah kesuburan.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diketahui dan dilakukan pasien wanita terkait pemeriksaan HSG:

* Pemeriksaan HSG dilaksanakan pada saat haid bersih bisa berkisar pada hari kesepuluh/sebelas mentruasi/haid (D10/D11).

* Pasien dianjurkan untuk tidak boleh berhubungan intim satu hari sebelum pemeriksaan HSG dan satu hari sesudah pemeriksaan HSG.

* Untuk pemeriksaan HSG, pasien akan diberikan 2 jenis obat sebelum pemeriksaan, yaitu: obat antibiotik dan obat anti nyeri/analgetik.

* Obat makan antibiotik (2 butir), cara konsumsinya: 1 butir dikonsumsi 2 jam sebelum pemeriksaan HSG dan 1 butirnya dikonsumsi 2 jam setelah pemeriksaan HSG.

* Sedangkan obat anti nyeri/analgetik diberikan 2 supp. Cara konsumsi obat anti nyeri ini dimasukkan ke anus/dubur 2 supp sekaligus yang dilakukan pada saat 2 jam sebelum pemeriksaan HSG. Masukkan obat ke anus dan dorong hingga tidak terjangkau lagi oleh jari dan biarkan. Obat anti nyeri ini disimpan di kulkas (tetapi jangan di bagian pembekuan/no frozen).

Meskipun histerosalpingografi dapat memberikan informasi penting dalam diagnosis masalah reproduksi, perlu diingat bahwa prosedur ini dapat menimbulkan sedikit ketidaknyamanan dan memerlukan peralatan medis khusus. Sebelum menjalani histerosalpingografi, pasien sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang prosedur ini serta memahami manfaat dan risikonya.

Salam dari Bidanmu Rasa Pacar

Read other articles & publications:
SEBERAPA PENTING MENJAGA TUBUH TERHIDRASI SELAMA HAMIL?
Tentu, menjaga tubuh terhidrasi selama keh...
MENGENAL PRE-EKLAMSIA
Kehamilan adalah perjalanan yang penuh tan...
TES POSTCOITAL (SERI PEMERIKSAAN KESUBURAN PRIA)
Tes postcoital, atau disebut juga tes post...