MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > BERAT BADAN SAAT HAMIL

BERAT BADAN SAAT HAMIL

by. Admin
02 November 2023
BERAT BADAN SAAT HAMIL

Kehamilan yang sehat akan memengaruhi bagaimana kualitas persalinan maupun janin yang dilahirkan kelak. Menjaga berat badan saat hamil adalah salah satu usaha untuk menghasilkan kehamilan dan persalinan yang sehat.

Rata-rata berat badan ideal calon ibu hamil di Indonesia adalah berkisar antara 45kg - 65kg. Jika calon ibu memiliki BB di bawah 45kg atau lebih dari 65kg, maka kehamilan dan persalinannya disebut memiliki risiko.

Apa saja risikonya?

BB ibu yang di bawah ataupun di atas standar berisiko melahirkan bayi dengan BB kurang atau berat bayi lahir rendah (BBLR). Bayi dengan BB rendah tentu akan memengaruhi kondisi kesehatannya maupun kecerdasannya.

Sedangkan bagi ibu hamilnya sendiri risiko yang dihadapi adalah mengalami perdarahan atau keracunan kehamilan (pre eklamsia). Gejala yang biasa muncul di antaranya : tekanan darah tinggi, masalah pada ginjal, kaki bengkak, dan berujung pada keracunan kehamilan yang berisiko menimbulkan komplikasi pada saat persalinan.

Dalam kondisi normal dengan ibu memiliki tinggi badan rata-rata perempuan Indonesia, kenaikan berat badan ideal selama hamil adalah di kisaran 12 - 14 kilogram. Kenaikan berat badan yang tidak sesuai dengan anjuran di atas akan menjadikan kehamilan berisiko. Misal, jika kenaikan berat badan terjadi dengan cepat dan berlebih, ini merupakan indikasi awal terjadinya keracunan kehamilan (pre eklamsia) atau diabetes. Maka, penting sekali seorang ibu mengatur diet asupannya dengan baik selama kehamilan. Anjuran rentang kenaikan berat badan di atas berlaku untuk ibu dengan kondisi kesehatan normal dan tinggi badan rata-rata perempuan Indonesia. Jika di luar itu, konsultasikan secara intensif sedini mungkin dengan provider kesehatan bunda, ya.

Salam sayang dari Bidanmu Rasa Pacar

#bidanwina #papilionbc #birthcation #persalinanimpian #persalinanminimtrauma #merdekajahitan #mumpungmasihanakpertama #bidanrasapacar

Read other articles & publications:
SEBERAPA PENTING MENJAGA TUBUH TERHIDRASI SELAMA HAMIL?
Tentu, menjaga tubuh terhidrasi selama keh...
MENGENAL PRE-EKLAMSIA
Kehamilan adalah perjalanan yang penuh tan...
TES POSTCOITAL (SERI PEMERIKSAAN KESUBURAN PRIA)
Tes postcoital, atau disebut juga tes post...