MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > SPA PUTING

SPA PUTING

by. Admin
20 July 2022
SPA PUTING

Oleh : Bunda Arit Widowati, Founder Sentra Laktasi Muslimah dan Konselor Laktasi Papilio Natural Birth Center

Beberapa kali kami sering menemukan kasus blister milk yang biasanya berawal dari keluhan ibu yang merasa putingnya lecet, sakit, nyeri ketika disusu oleh bayi. Bahkan tersenggol baju saja sakit. Tentu membuat proses menyusui tidak nyaman.

Blister Milk atau biasa disebut jerawat ASI, ini terjadi ketika ada ASI yang membatu dan terjebak di saluran ASI yang terletak di sekitar puting dan menimbulkan rasa nyeri (seperti ditusuk-tusuk).

Blister Milk bisa juga terjadi ketika awalnya puting lecet dan luka kemudian terbentuk lapisan kulit baru yang menutup saluran ASI sehingga ASI terjebak tak bisa keluar. Terkadang ada juga yang terjebak dalam lapisan kulit tersebut, bukan ASI, tapi bisa juga darah atau cairan kuning mirip nanah yang disebut belb milk.

Untuk mengatasi blister milk ini kami sebagai konselor akan membantu ibu dengan cara memassage puting hingga lembut dan marmet (memerah dengan tangan) hingga Blister milk dan endapan ASI keluar.

Terkadang juga terpaksa harus mengambilnya dengan jarum yang steril jika sudah dicoba marmet tak berhasil.

Inipun tak selalu tuntas, tergantung riwayat kasusnya dan lamanya keluhan sebelumnya. Namun selalu kami tekankan bahwa tidak ada solusi instan. Yang penting ada progress perkembangan lebih baik dan harus dilanjutkan dengan treatment mandiri secara rutin.

Treatment Mandiri yang dimaksud bisa berupa melanjutkan massage, marmet, kompres puting dengan air hangat, dan beberapa Ibu juga merasakan nyaman dan terbantu dengan spa puting atau nebul puting dengan uap air hangat menggunakan pompa silikon seperti dalam gambar.

Ikhtiar ini harapannya dapat membantu melembutkan puting, membuka pori-pori atau lobang ASI sehingga blister bisa hancur atau keluar dengan sendirinya setelah dibantu dengan sedikit massage atau disusukan langsung.

Bagi bunda yang mengalami Blister Milk atau belb milk bisa dicoba ya, semoga membantu dan jangan lupa konsultasikan lebih lanjut dengan konselor ASI terdekat jika tak kunjung tuntas, karena menyusui seharusnya indah dan nyaman.

Salam Cinta ASI

Read other articles & publications:
APA BEDANYA THUHR, NAQOO', DAN FATROH DALAM FIQIH HAID?
Oleh : Ustadz Muafa (Mokhamad Rohma Rozik...
SEMUA IBU BISA MENYUSUI, IN SYA ALLAH
Oleh : Bunda Arit Widowati, Konselor Lakta...
JODOH PERSALINAN
Bundanya adek bayi ini baru datang di usia...