MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI

PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI

by. Admin
12 July 2022
PENGGUNAAN NECK RING PADA SPA BAYI

Beberapa waktu yang lalu viral tentang pernyataan FDA terhadap pelarangan penggunaan pelampung leher pada bayi. Pernyataan tersebut adalah sebuah artikel atau case report terhadap temuan suatu kejadian kematian bayi terhadap penggunaan pelampung leher yang kurang pengawasan. Terutama pada bayi dengan kebutuhan khusus seperti down sindrome, cerebral palsy dan penyakit spina bifida. Belum ada penelitian khusus akan pernyataan FDA ini.

Ya, memang sudah seharusnya FDA menyatakan pelarangan terhadap sebuah kasus. Tidak perlu menunggu kejadian kematian bayi yang berulang-ulang dulu baru ada perintah pelarangan. Sudah betul prosesnya, di negaranya itu.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Sekarang kita bahas dulu apa itu FDA. FDA adalah suatu badan pengawas pangan dan obat-obatan di Amerika, seperti halnya indonesia mempunyai BPOM. Di Indonesia sendiri instrumen alat kesehatan dan instrumen SPA dibawah wewenang dinas kesehatan, bukan BPOM. Sedangkan neck ring termasuk kategori instrumen alat SPA. Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari dinas kesehatan Indonesia tentang pelarangan penggunaaan neck ring pada SPA bayi. Jika suatu saat ada pelarangan penggunaan instrumen SPA ini maka kami akan dengan senang hati menjelaskan secara update kepada Bunda semua.

Kenapa, kok, kesannya Papilio NBC tidak mengikuti ketentuan FDA? Bukan seperti itu bunda, kami hanya berhati-hati terhadap segala kebijakan yang sudah ditentukan di suatu negara tempat kami tinggal untuk mendapatkan ijin legal praktek sesuai dengan wewenang di negara Indonesia ini. Salah satu contoh saja, dulu pernah ada kejadian kematian bayi di salah satu RS di Indonesia dari metode waterbirth lalu IBI (Ikatan Bidan Indonesia), POGI, dan dinas kesehatan mengeluarkan surat larangan metode waterbirth untuk dilakukan di Indonesia. Dan pada saat itu pula Papilio NBC tunduk dan patuh akan larangan dari IBI dan Dinas kesehatan Indonesia. Meskipun di negara luar termasuk Amerika sendiri masih legal untuk melakukan metode water birth.

Kebijakan terhadap SPA bayi salah satunya adalah menggunakan neck ring yang sudah berstandart SNI serta dilakukan oleh tenaga ahli SPA yang sudah tersertifikasi legal secara hukum. Di Papilio NBC sendiri, kami telah menggunakan neck ring berlogo SNI. Dan kami juga sudah mempunyai ijin legal untuk mendirikan SPA. Serta bilamana suatu hari ada larangan dari Dinkes untuk pelampung leher pada bayi, kami telah menyediakan pelampung pilihan lain untuk digunakan kepada bayi atau anak-anak. Dan jika tidak ada satupun pelampung bayi direkomendasi oleh dinkes maka kami juga telah siap pelayanan kids spa yaitu bayi atau anak bisa berendam di bath tub untuk relaksasi bersama Bundanya.

Di sini ada beberapa kebijakan dinas kesehatan terhadap prosedur baby spa :
1. Tubuh bayi dalam keadaan sehat
2. Neck control nya sudah bagus
3. Memilih produk pelampung leher yang berstandart SNI
4. Terapis SPA harus mempunyai ijin praktek pijat dan SPA
5. Terapis harus menguasai pertolongan pertama jika terjadi kegawatan pada si kecil.
In sya Allah ketentuan di atas sudah dipenuhi di Papilio Natural Birth Center.

Demikian info sementara sikap kami untuk menanggapi neck ring baby SPA. Semoga kita semua lebih bijak dalam merespon segala sesuatu. Terima kasih.

Salam cinta damai.

Read other articles & publications:
APA BEDANYA THUHR, NAQOO', DAN FATROH DALAM FIQIH HAID?
Oleh : Ustadz Muafa (Mokhamad Rohma Rozik...
SEMUA IBU BISA MENYUSUI, IN SYA ALLAH
Oleh : Bunda Arit Widowati, Konselor Lakta...
JODOH PERSALINAN
Bundanya adek bayi ini baru datang di usia...