MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > JANGAN SALAHKAN HPL

JANGAN SALAHKAN HPL

by. Admin
08 June 2022
JANGAN SALAHKAN HPL

Oleh : Bidan Wina, Owner Klinik Papilio Natural Birth Center


Keimanan seseorang dapat teruji saat memasuki fase persalinan. Ketika Hari Taksiran Persalinan menjadi gambaran sesosok makhluk yang menakutkan yang memunculkan berbagai kekhawatiran.

'apakah bayi masih akan sehat jika sudah lewat tanggalnya'

'apakah ketubannya masih akan jernih'

'apakah fungsi plasenta masih akan baik?'

dll..

HPL mengajarkan kita untuk menyiapkan kondisi dan situasi dengan lebih prima, baik bagi bunda yang akan melahirkan, juga bagi keluarga dan masyarakat di sekitarnya. Untuk membantu menata baju bayi dalam tas, merencanakan kendaraan persalinan, hingga persediaan pendonor darah jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

HPL itu ilmu, bukan patokan waktu kelahiran bayi.

Yang membuat bayi tidak sehat bukan HPL yang telah lewat tapi tingkat kecemasan bundanya yang tinggi membuat aliran darah yang menuju ke rahim terganggu sehingga membuat oksigen dan sari-sari makanan tidak cukup maksimal untuk sampai ke bayi.

Yang semakin mempercepat pengapuran plasenta bukan lewat HPL, namun tingkat stress bundanya yang meningkat dari hari ke hari. Hal itu juga dapat mengirimkan sebuah pesan ketidaknyaman untuk bayi sehingga denyut jantungnya menjadi tidak stabil.

Yang membuat jumlah cairan ketuban berkurang juga bukan HPL, tapi bundanya yang menjadi tidak fokus akan intake cairan yang dikonsumsi.

Mari fokus pada perbaikan diri, hubungan dengan Allah subhanahu wa ta'ala, hubungan dengan orang tua, dengan masyarakat sekitar. Lakukan kontrol kehamilan lebih sering daripada sebelumnya, perbanyak ngobrol dengan bidannya agar semakin dekat dan semakin disayang. Disayang bidan enak loh. Lebih maksimal diusahakan persalinan normal, lalu pasrah dan tawakal. Jangan lupa bersedekah.

Wassalam.

Follow ig @bidanwina

#perkuatimandenganilmu #beautyofbirth #persalinanimpian #mumpungmasihanakpertama #bidanrasapacar #bidanmubaik #merdekajahitan

Read other articles & publications:
TES POSTCOITAL (SERI PEMERIKSAAN KESUBURAN PRIA)
Tes postcoital, atau disebut juga tes post...
TES DNA FRAGMENTASI
Tes DNA fragmentasi merupakan salah satu ...
TES KRIPTORKIDISME UNTUK PEMERIKSAAN KESUBURAN PRIA
Tes kriptorkidisme memegang peran penting ...