MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > "HIT IT HARD AND FAST!" - COLOSTRUM

"HIT IT HARD AND FAST!" - COLOSTRUM

by. Admin
21 April 2022

Kita bahas kolostrum, yuk.

Kali ini kami mengambil satu bagian dari sebuah tulisan tentang kolostrum. Tulisannya bisa dibaca di link ini:

https://www.mamanatural.com/colostrum/

"How is Colostrum Different From Breast milk?

Colostrum is richer than breast milk and has a different nutritional profile. In regards to composition, colostrum actually has more in common with blood than it does with breast milk since it’s chock-full of white blood cells and immune-boosting properties. This liquid gold is also higher in protein, and lower in sugar and fat, so it’s an easy first food to digest.

Breast milk is designed to sustain your baby, build the immune system, and contribute to development long-term. Colostrum, however, is more like, “hit it hard and fast.” One study even showed that it is much higher than breast milk in cell-defending antioxidants."

Terjemahan bebasnya kira-kira seperti ini:

"Apa yang membedakan kolostrum dengan ASI? Kolostrum memiliki profil nutrisi yang berbeda. Dalam hal komposisi, kolostrum lebih banyak kesamaan dengan darah dibandingkan dengan ASI. Itu dikarenakan adanya kandungan sel darah putih yang sangat banyak serta memiliki sifat meningkatkan kekebalan. Cairan emas ini tinggi protein serta rendah gula dan lemak. Jadi kolostrum merupakan makanan pertama yang diterima bayi yang mudah dicerna."

Secara garis besar, ASI (dalam hal ini ASI secara umum atau ASI matur) dirancang untuk menopang bayi, membangun sistem imun, dan berkontribusi untuk perkembangan jangka panjang. Sedangkan kolostrum hanya sebagai awalan. Diistilahkan dengan frase "hit it hard and fast". Pukulan yang keras dan cepat. Sekali pukul tapi pukulnya keras. Sedikit tapi kandungannya penting. Sebuah studi bahkan menemukan fakta bahwa kolostrum mengandung anti oksidan pelindung sel dengan kadar lebih banyak dibanding ASI.

Salah satu guru kami yang ahli di bidang biokimia pernah menjelaskan fungsi kerja kolostrum ini dalam sebuah analogi:

"Jika mau nyalain kembang api yang cantik di langit seperti di acara perayaan-perayaan, tak perlu seluruh kembang api dinyalakan, kan? Cukup satu kembang api yang dinyalakan, dan domino effect-nya akan menyalakan kembang api yang lain."

Seperti itulah fungsi kolostrum yang dimaksud di artikel di atas dengan kalimat "hit it hard and fast", seperti kembang api pertama yang dinyalakan. Dia bertugas sebagai stimulus, memancing mekanisme fisiologis yang lain pada bayi untuk siap menerima ASI matur. Dengan segala komposisi kolostrum itu, mekanisme dalam tubuh bayi sedang "dinyalakan" untuk perayaan berikutnya yaitu hadirnya ASI secara lengkap dan memprosesnya untuk tumbuh kembang bayi.

Dari sini, alasan mengapa jumlah kolostrum sedikit dan durasinya tidak lama (hanya sekitar 5 hari pertama), sudah dapat gambaran jawabannya, ya bunda-bunda sholihah. Dia bertugas sebagai stimulus. Atau bahasa mudahnya: provokator, penyulut, atau pemicu.

Jadi, kalau 5 hari pertama bayi lahir, payudara bunda belum terasa terlalu penuh, jangan heran. Karena yang diproduksi baru kolostrum. Jumlahnya memang tidak banyak. Karena ada fungsi dan tujuannya. Lihatlah betapa Allah menciptakan segala sesuatu itu benar-benar ada takarannya. Luar biasa, bukan?

Ma sya Allahu laa quwwata illa billah.

Maka, bagi bunda-bunda yang sedang mempersiapkan persalinan, jangan ijinkan bayi bunda terpapar susu formula di hari pertama kehidupannya. Siapkan diri sebaik mungkin. Jika perlu berkonsultasilah dengan konselor laktasi sebelum melahirkan agar mendapat ilmu seputar laktasi sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin. Jangan lewatkan momen emas bayi bunda mendapatkan cairan emas ini.

Teruntuk para nakes yang berada di garda terdepan saat persalinan, mari bantu ibu dan bayinya agar tidak melewatkan kesempatan istimewa di awal kehidupan bayi. Jadilah nakes yang suportif akan kebutuhan ibu dan bayi.

Bagi klien di Papilio NBC tak perlu mengkhawatirkan hal ini. Karena tim Bidan kami akan mengawal para ibu agar tak melewatkan momen yang sangat berharga ini.

Ingin mendapatkan layanan dan pendampingan dari tim Papilio Natural Birth Center? Segera hubungi reservasi kami, ya.

Salam dari Bidanmu Rasa Pacar.

Read other articles & publications:
MANFAAT MENYUSUI BAGI IBU
Banyak sudah yang menyadari manfa...
BREASTFEEDING AND PARENTING
Berbicara tentang Menyusui biasanya yang k...
THE REAL BREASTFEEDING BASIC
Setiap kita akan diuji Allah agar makin k...