MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > SEBERAPA NYENYAK BAYI BUNDA TIDUR DI MALAM HARI?

SEBERAPA NYENYAK BAYI BUNDA TIDUR DI MALAM HARI?

by. Admin
08 March 2022
SEBERAPA NYENYAK BAYI BUNDA TIDUR DI MALAM HARI?

Bunda, setiap bayi punya pola tidur berbeda, ada sebagian yang tidurnya awal dan anteng sepanjang malam, namun sebagian lain tidak. Ada yang bangun tiap 3 jam, tiap dua jam, bahkan yang tiap setengah jam bangun atau rewel sepanjang malam juga ada. Umumnya menu maupun jadwal mpasi tidak ada hubungannya dengan ini. Bisa jadi bayi lapar (perlu diingat bahwa ASI dicerna di usus dalam waktu kurang dari 2 jam). Atau bisa juga bayi hanya ingin dekat dengan ibunya. Bayi yang ibunya bekerja Senin - Jumat sering lebih banyak menyusu di malam hari dan akhir pekan, mungkin untuk menjalin bonding kembali dengan ibunya.

Banyak nakes menilai masalah pola tidur dan kebiasaan menyusu saat malam sumbernya dari ketidakseimbangan nutrisi, padahal ini tidak mencakup permasalahan keseluruhan. Ini adalah bulan-bulanawal di mana bayi belajar beradaptasi. Lambat laun bayi mengenali bahwa payudara bunda lebih dari sekedar tempat memuaskan rasa lapar dan haus. Tapi juga menjadi tempat mencari kenyamanan, keamanan, kehangatan, kedekatan, dan keakraban. Karena menyusui tidak sekedar untuk memenuhi asupan nutrisi, tetapi juga asupan jiwa. Pemenuhan asupan jiwa ini sama pentingnya dengan pemenuhan kebutuhan fisik bayi, dan sama pentingnya bagi perkembangan bayi secara keseluruhan.

Terkadang kita sebagai ibu dibuat galau oleh masalah pola tidur ini dan melihatnya sebagai problem besar sedikit banyak dipengaruhi oleh ekspektasi tinggi akibat bombardir informasi di dunia maya tentang pentingnya memenuhi kebutuhan tidur bayi di saat malam. Bayi yang rewel saat malam nanti pertumbuhannya terganggu, begitu yang didengungkan. Sehingga ibunya makin panik, makin stres, bayi juga ikut merasakan kalau ibunya stres, akhirnya makin rewel, oksitosin ibu drop, ambyar deh.

Tarik nafas dulu, yuk, bun. Tenangkan diri. Jangan membandingkan anak kita dengan anak orang lain. Termasuk juga tidak membandingkan anak kita yang nomor satu, nomor dua, atau nomor tiga. Semua punya pola yang berbeda dalam menyesuaikan diri di awal kehidupannya. Jika ekspektasi kita terhadap bayi tidak begitu tinggi, paham jika ini sebuah proses dan butuh waktu, maka in sya Allah bunda bisa menghadapinya dengan lebih tenang.

Jika bayi bunda masih sering bangun di malam hari, coba untuk tetap tenang dan yakini kondisi ini tidak akan lama. Terus susui dan tenangkan dengan berbagai tips yang bunda mampu. Digendong, diusapĀ², diperdengarkan murottal, ganti bajunya atau popoknya, dll. Seiring waktu, bayi akan lebih teratur jam malamnya. Ingat pembahasan circadian rhythm dalam kandungan ASI malam ya bun. Semua itu berproses, membutuhkan waktu bertahap untuk menyesuaikan dengan dunianya yang baru. Terima dengan ikhlas bahwa ini bagian dari perjalanan menyusui anak kita.

Sabar, perbanyak istighfar agar hati tenang, datangi dan dekati Allah sebagai penolong utama kita. Basahi lisan dengan dzikir terus dan terus. In sya Allah akan turun pertolongan dari Allah berupa sakinah atau ketenangan. Ketenangan hati hanya akan diperoleh bagi mereka yang senantiasa ingat kepada Allah. Allah Subhanahu wata'ala berfirman :
"Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram" (QS. Ar-Ra'd ayat : 28).

Hati yang tenang membuat pikiran lebih jernih dan akhirnya kita bisa menemukan solusi bagi permasalahan yang sedang dihadapi.

Bismillah, semangat!

Sumber : -Kelly Mom & @moomysmilk

Read other articles & publications:
MEMAKNAI RASA SAKIT SAAT MELAHIRKAN
Topik persalinan yang paling menarik dari ...
ES KRIM UNTUK BUMIL, BOLEHKAH?
Oleh : Bidan Wina Beberapa...
JANGAN SALAHKAN HPL
Oleh : Bidan Wina, Owner Klinik Papilio Na...