MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > TOLONG, ASI BEKU SAYA BAUNYA ANEH!

TOLONG, ASI BEKU SAYA BAUNYA ANEH!

by. Admin
02 March 2022
TOLONG, ASI BEKU SAYA BAUNYA ANEH!

Memerah asi dan menyimpannya dalam freezer merupakan hal yang penting bagi sebagian ibu yang membutuhkan stok asi perah. Tapi apa yang terjadi ketika bunda mencairkan asi beku tersebut dan baunya benar-benar aneh - seperti bau sabun, amis, bau logam? Pokoknya aneh aja baunya. Jawabannya mungkin terletak pada komponen ASI, yang disebut lipase.

Lemak dalam ASI mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi, dibantu oleh lipase, enzim yang ditemukan dalam ASI. Enzim ini membantu memecah struktur lemak kompleks menjadi mudah dicerna sistem pencernaan bayi. Begitu ASI keluar dari payudara, lipase segera mulai melakukan tugasnya. Ketika kita menyusui bayi secara langsung, lipase bekerja saat itu juga di waktu yang bersamaan ketika ASI sedang dicerna. Nah, ternyata hal yang sama terjadi juga ketika ASI disimpan dalam wadah asi perah atau botol asi. Lipase terus bekerja bahkan jika ASI ada di dalam freezer. Pada sebagian ibu, ini tidak terdeteksi - tetapi berbeda pada sebagian ibu lain yang memiliki aktivitas lipase yang luar biasa tinggi. Aktivitas lipase yang tinggi menyebabkan komposisi lemak ASI berubah, yang kemudian dapat menyebabkan bau atau rasa yang tidak biasa dalam susu. Ada yang bayi tidak mempermasalahkan hal ini dan dia tetap meminum asi perah tersebut, tetapi ada juga bayi yang mengenali rasa dan bau yang berbeda dari asi perahnya sehingga menolak minum asip tersebut.

Jika bunda merasa memiliki lipase tinggi, tetapi bayi bunda tampaknya tidak keberatan dengan rasanya - maka tidak masalah untuk terus memberikan asip yang sudah dicairkan tadi.
Namun jika bayi bunda menolaknya, ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan untuk menyiasatinya :
- campur dengan ASI yang baru diperah untuk menyamarkan rasa
- didihkan ASI yang baru diperah, lalu segera bekukan dan simpan dengan cepat ke freezer. Hal ini akan menonaktifkan enzim lipase. Tetapi sayangnya di saat yang sama juga berdampak terhadap beberapa komponen imunologis yang lain.

In sya Allah ASI bunda tetap aman diberikan kepada bayi jika bau atau rasanya aneh karena aktivitas lipase yang tinggi.

Waspadai jika semua ASI yang disimpan berbau aneh - termasuk yang baru diperah - maka segera periksa pompa ASI bunda dan bersihkan secara baik. Atau jika ASI bekunya berbau asam atau kecut, ini bisa jadi disebabkan oleh proses oksidasi kimia. Jika demikian, sebaiknya jangan diberikan ke bayi.

Apakah bunda pernah memiliki masalah dengan ASI beku berbau aneh? Jika ragu, konsultasikan ke konselor laktasi atau tenaga kesehatan terdekat.

Read other articles & publications:
MEMAKNAI RASA SAKIT SAAT MELAHIRKAN
Topik persalinan yang paling menarik dari ...
ES KRIM UNTUK BUMIL, BOLEHKAH?
Oleh : Bidan Wina Beberapa...
JANGAN SALAHKAN HPL
Oleh : Bidan Wina, Owner Klinik Papilio Na...