MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > BAYI SAYA GA DAPAT HINDMILK, GIMANA, DONG?

BAYI SAYA GA DAPAT HINDMILK, GIMANA, DONG?

by. Admin
17 February 2022
BAYI SAYA GA DAPAT HINDMILK, GIMANA, DONG?

Seringkali para konselor laktasi menerima curhatan kegalauan para bunda yang merasa bb bayinya stagnan tidak ada kenaikan yang signifikan. Lalu yang biasa jadi tertuduh adalah "Bayi saya ga dapat hindmilk! Makanya ga dapat lemaknya nih! Pantesan beratnya ga nambah². Trus, gimana caranya dapetin hindmilk?"

Akhirnya proses menyusui jadi ga fokus, makin galau karena mengejar hindmilk, akibatnya Oksitosin makin drop, produksi ASI jadi seret.

Biar ga makin galau, perhatikan fakta ini :

Menurut jurnal di PubMed, semua ASI memiliki lemak. Sekitar 3 - 5% dari

ASI adalah lemak, dan lemak dari ASI dipecah dan diserap secara optimal oleh bayi. Fungsi lemak adalah membantu menumbuhkan sel-sel baru pada saraf dan otak, melawan infeksi dan menciptakan hormon. Yang perlu diingat, setiap proses menyusui itu unik, menyesuaikan kebutuhan dan lingkungan bayi pada saat itu. Maka lemak dalam ASI juga berubah sesuai dengan itu.

Terkadang banyak yang menyarankan ke busui bahwa untuk menambah bb bayi harus fokus menyusu pada satu payudara sampai selesai "agar mendapatkan hindmilk". Padahal saran ini sebenarnya justru bisa jadi penyebab turunnya produksi ASI, karena ibu jadi panik dan konsentrasi pada pengosongan satu payudara saja. Jika ada masalah pada BB, umumnya karena bayi kurang mendapatkan ASI, bukan hanya kurang hindmilk. Entah itu penyebabnya di manajemen laktasi, atau perlekatan bayi, atau karena bayi memiliki kebutuhan kalori yang lebih tinggi, atau bisa jadi ketiganya. Jika terlalu fokus pada hindmilk saja, itu justru tidak menyelesaikan masalah.

Kenapa hindmilk bukan masalah utama? Ini karena sebenarnya ASI mengandung banyak gula laktosa, yang penting untuk energi dan pertumbuhan. Sama seperti orang dewasa, bayi mengubah kelebihan asupan gula menjadi apa? Yup, lemak!

Grafik dari Unicef di samping ini menunjukkan bagaimana kandungan lemak ASI berubah selama menyusui. Tidak ada batas yang jelas antara lemak di awal hingga di akhir. Ketika bayi mulai melambat dalam mengisap, begitu juga volume ASInya mulai menurun dan ini berarti konsentrasi lemak lebih tinggi menjelang akhir. Tapi semua ASI, baik di awal maupun di akhir, sangat penting dan bagus untuk bayi. Bukan soal foremilk atau hindmilk yang didapat. Foremilk dan hindmilk hanyalah istilah yang digunakan untuk membedakan asi di awal dan di akhir menyusui. Sedangkan untuk pertumbuhan dan kenaikan berat badan, yang paling penting adalah VOLUME ASI yang didapat bayi bunda, bukan hindmilknya.

Jadi, terus susui dan susui. Sesuka dan semau bayi. Tak usah pusing apakah bayi kita lebih banyak mendapat foremilk atau hindmilk. Fokus saja pada manajemen laktasi serta perlekatan bayi. Jangan risau ataupun galau. Semua ASI itu bagus. Semakin banyak disusukan, semakin terus berproduksi, semakin banyak pula yang diterima bayi. Sudah paham ya sekarang, hehehe...

Semangat ya bunda!

Sumber:

1. @breastmed

2. https://kellymom.com/bf/got-milk/basics/foremilk-hindmilk/

3. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/392766/

Read other articles & publications:
MEMAKNAI RASA SAKIT SAAT MELAHIRKAN
Topik persalinan yang paling menarik dari ...
ES KRIM UNTUK BUMIL, BOLEHKAH?
Oleh : Bidan Wina Beberapa...
JANGAN SALAHKAN HPL
Oleh : Bidan Wina, Owner Klinik Papilio Na...