MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > JAMINAN RIZKY UNTUK BAYI

JAMINAN RIZKY UNTUK BAYI

by. Admin
18 November 2021
JAMINAN RIZKY UNTUK BAYI

"Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rizkinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)."

(QS. Huud: 6)

Yang dimaksud makhluk bergerak (bernyawa) di bumi dalam ayat ini adalah mencakup baik manusia, hewan darat, maupun hewan air. Jaminan ini salah satunya bagi mamalia adalah berupa susu pada payudara induk binatang atau ibu manusia.

Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, terhadap semua makhlukNya.

Allah Penjamin Rizki semua makhluk bernyawa, termasuk janin dan bayi yang disusui.

Jadi, saat sedang hamil dan menyusui, yakinlah bahwa jatah rizki untuk ibu, bayi dan janin telah diatur oleh Allah. Bahkan bagi yang sedang hamil si kakak dan tetap menyusui si adek pun (Nursing While Pregnant/NWP), Alloh telah mengaturnya dengan mendahulukan kebutuhan janin, baru ASI dan terakhir Ibunya. Diperlukan iman dan ilmu untuk kondisi khusus ini, dengan manajemen laktasi yang baik insya Alloh kebutuhan ketiganya akan tetap seimbang.

Penuhi tugas sebagai hamba Allah dengan ikhtiar maksimal. Yaitu dengan mendekat pada Allah sebagai sumber oksitosin utama, dan pemenuhan nutrisi halal thoyyib secara fisik.

Ikhtiar maksimal ini yang bagaimana? Ikhtiar ini tak cukup hanya dilakukan oleh sang ibu, tapi pihak-pihak di sekeliling ibu lah yang harus aktif berperan dalam suksesnya ikhtiar seorang ibu untuk bisa menyusui bayinya dengan sempurna. Dukungan dari suami, keluarga, teman, serta tetangga juga merupakan satu contoh bentuk rizki yang Allah berikan. Janganlah enggan membantu seorang ibu sukses melaksanakan tugas menyusuinya, agar kita bukan termasuk yang menghalangi rizki dari Allah.

Bagi bayi manusia yang diberikan akal dan ilmu, jaminan rizki itu Allah perluas lagi cakupannya. Air susu ibu datangnya tak selalu melalui ibu kandung si bayi. Bila qodarulloh ibu kandungnya tak dapat menyusui dikarenakan kondisi tertentu, Allah turunkan rizki bayi lewat ibu susuan atau donor asi sebagaimana Rasulullah pun disusui oleh para ibu susuannya.

Allah sungguh Maha Rahman dan Rahim.

Dia Maha Mengurusi hamba-hambanya.

Tetaplah berikhtiar menjemput rizki dari Allah.

Read other articles & publications:
MEMAKNAI RASA SAKIT SAAT MELAHIRKAN
Topik persalinan yang paling menarik dari ...
ES KRIM UNTUK BUMIL, BOLEHKAH?
Oleh : Bidan Wina Beberapa...
JANGAN SALAHKAN HPL
Oleh : Bidan Wina, Owner Klinik Papilio Na...