MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > GROWTH SPURTS

GROWTH SPURTS

by. Admin
11 November 2021
GROWTH SPURTS

Growth spurts adalah kondisi ketika bayi mengalami peningkatan berat dan tinggi badan serta bertambah besar ukuran tubuh dan lingkar kepala dengan cepat. Fase ini biasanya berlangsung selama beberapa hari hingga seminggu.

Seperti apa growth spurts itu? Yuk, kenali tanda-tanda bayi di fase growth spurts :

1. Mudah lapar : Jika biasanya bunda menyusui setiap tiga jam, bayi di fase growth spurts minta nenen setiap satu atau dua jam. Ini adalah hal yang normal. Semakin sering bayi disusui, semakin banyak ASI diproduksi untuk mengimbangi nafsu makan bayi yang terus bertambah.

~ Di periode ini, banyak newmom khawatir persediaan ASI mereka tidak cukup tinggi karena bayi mereka tampak tidak pernah kenyang. Jika bunda merasakan ini dan ingin tetap mengASIhi, harap dipahami bahwa fase ini tidak selamanya dan pada kenyataannya, ketika menyusu, ini meningkatkan pasokan bunda yang bermanfaat mengakomodasi kebutuhannya dalam jangka panjang. Keadaan akan kembali normal dan bunda tidak akan makan waktu berjam-jam untuk sekali menyusu.

>> Bunda dapat membedakan antara fase growth spurts dengan masalah suplai ASI yang berkurang lewat durasi berapa lama tahap ini berlangsung (growth spurts hanya berlangsung beberapa hari hingga seminggu).

2. Bangun di malam hari : Mungkin bayi bunda awalnya bisa tidur selama 5-6 jam, dan lalu tiba-tiba jadi sering bangun tengah malam untuk nenen, lalu bangun lagi pada jam 2 pagi, 3 pagi, 5 pagi dan seterusnya.

3. Bayi rewel : bayi bunda mungkin akan ekstra rewel, nenen dan dilepas berulang kali karena ia ingin lebih banyak ASI, sementara produksi ASI mungkin belum mengejar kecepatan kebutuhan bayi. Ditambah kondisi rempong di malam hari ikut memengaruhi mood bunda yang kewalahan mengikuti kerewelan dedek bayi.

”Growth spurts tidak berhenti setelah tahun pertama – Kebanyakan ibu mengenali terjadinya fase growth spurts setiap beberapa bulan sekali selama usia balita dan secara berkala di masa remaja.”

-KellyMom {https://bit.ly/39NKEcn}

Jika bayi bunda terus-menerus menyusu, artinya mereka mengirim pesan ke tubuh bunda agar memproduksi lebih banyak lagi ASI.

Jika suplai ASI bunda tampak tidak meningkat dalam beberapa hari, segera ambil langkah-langkah untuk meningkatkan produksinya. Atau hubungi admin kami untuk dijadwalkan konsultasi dengan konselor laktasi klinik Papilio Natural Birth Center.

Read other articles & publications:
MEMAKNAI RASA SAKIT SAAT MELAHIRKAN
Topik persalinan yang paling menarik dari ...
ES KRIM UNTUK BUMIL, BOLEHKAH?
Oleh : Bidan Wina Beberapa...
JANGAN SALAHKAN HPL
Oleh : Bidan Wina, Owner Klinik Papilio Na...