MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > HAMIL LAGI KETIKA SEDANG HAMIL, MUNGKINKAH?

HAMIL LAGI KETIKA SEDANG HAMIL, MUNGKINKAH?

by. Admin
07 August 2021
HAMIL LAGI KETIKA SEDANG HAMIL, MUNGKINKAH?

Tanya :

Ada tidak di dunia ini Ibu yang sedang hamil trus berapa bulan lagi dia hamil lagi? Jadi gak sampai nunggu lahiran tapi udah hamil lagi, jadi misal bulan Juli lahiran, trus bulan Oktober apa November lahiran lagi? Bisa kah begitu?

(pertanyaan masuk ke admin Papilio)

Jawab :

Secara medis, yang bisa terjadi adalah kehamilan yang terjadi pasca melahirkan setelah 1x nifas langsung hamil lagi. Jadi ketika bayi usia 3 bulan, ibunya hamil 1 bulan.

Jika yang dimaksud adalah kembar tapi beda jeda persalinan tanpa sepengetahuan nakes, ini tidak mungkin karena SOP setelah bayi 1 lahir dipastikan memeriksa rahim lagi sebelum suntikan oksitosin untuk memastikan tidak ada bayi kedua.

Kalau ada bayi kedua, rahim ini teraba masih tinggi jadi pasti ketahuan jika ada bayi lagi. Andaipun ada bayi ke-2 tanpa diketahui sebelumnya, rahim secara fisiologis akan berkontraksi lagi untuk mengeluarkannya.

Peluang untuk hamil di saat sedang hamil, hampir tidak mungkin terjadi. Sangat sangat kecil sekali kemungkinannya. Ada beberapa alasan mengapa hal itu sulit terjadi :

1. Tubuh ibu berhenti berovulasi. Rahim perlu menghasilkan sel telur yang sehat untuk hamil. Setelah telur itu berhasil dibuahi dan ditanamkan di rahim, hormon kehamilan memberi tahu ovarium bahwa ibu tidak perlu berovulasi lagi sekarang.

2. Berbicara tentang rahim, adalah hal yang cukup sulit bagi sel telur lain yang dibuahi untuk menempel pada dinding rahim setelah yang pertama tertanam di sana. Lapisan rahim akan menebal untuk melindungi telur pertama dan itu membuatnya sulit bagi telur yang lain untuk menempel pada rahim.

3. Selama kehamilan, leher rahim atau cervix akan menghasilkan sesuatu yang disebut mucus plug, yang tidak hanya melindungi rahim dari infeksi tetapi juga mencegah sperma melewati leher rahim.

Ketiga hal di atas menyebabkan kejadian "kehamilan ganda" sulit untuk terjadi. Namun ada beberapa kasus (tidak banyak) tentang kehamilan ganda ini. Dunia kedokteran belum mempunyai penjelasan yang komplit mengenai hal ini. Hal yang paling memungkinkan itu terjadi adalah jika rentang konsepsi atau pembuahan sel telur ada di kisaran 2 - 4 pekan.

Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan janin pada kehamilan ganda biasanya dikandung dengan rentang 2 hingga 4 pekan terpisah, diperkirakan proses pembuahan terjadi dalam rentang waktu singkat itu setelah konsepsi pertama. Mengingat bahwa rata-rata lama waktu antara siklus menstruasi adalah sekitar 28 hari, maka itu masuk akal. Namun untuk memiliki selisih usia janin lebih dari 4 pekan, itu sangat sulit.

Dan jika memang terjadi sesuai asumsi di atas, tetap saja kedua bayi dalam kandungan akan diharapkan lahir dalam waktu yang sama, jika merujuk pada SOP atau protap nakes saat persalinan yang telah kita bahas di atas tadi.

Terlepas dari peluang yang sangat kecil dari terjadinya double pregnancy atau kehamilan ganda dengan beda usia janin, kita tidak menafikan kemungkinan bahwa itu bisa saja terjadi karena Allahlah yang menetapkan segala sesuatu. Tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak. Mengutip pernyataan seorang ahli ilmu pakar Siroh Nabawiyyah, beliau mengatakan bahwa hikmah dicantumkannya kisah kehamilan di dalam Al Qur'an adalah untuk menunjukkan kepada kita kehamilan adalah sesuatu yang istimewa atau ajaib. Seperti pada kisah kehamilan Bunda Maryam yang tanpa disentuh laki-laki maupun istri Nabi Zakariyya 'alaihissalam yang hamil di usia senja dan divonis mandul. Hamil adalah sesuatu yang bisa jadi ilmu medis saat ini tak mampu menjelaskannya. Selalu ada peluang akan ilmu baru. Sains senantiasa berkembang dan dinamis. Maka tugas kita adalah terus belajar dan mentadabburinya, untuk menjadi ibroh bagi generasi selanjutnya.

Wallahu a'lam.

Sumber:

1. Bidan Wina, owner Papilio NBC

2. https://www.healthline.com/health/pregnancy/can-yo...

Read other articles & publications:
MEMAKNAI RASA SAKIT SAAT MELAHIRKAN
Topik persalinan yang paling menarik dari ...
ES KRIM UNTUK BUMIL, BOLEHKAH?
Oleh : Bidan Wina Beberapa...
JANGAN SALAHKAN HPL
Oleh : Bidan Wina, Owner Klinik Papilio Na...