MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > Tips Nursing While Pregnant

Tips Nursing While Pregnant

by. Admin
06 February 2021
Tips Nursing While Pregnant

Seperti yang kita ketahui, menyusui ketika hamil memang tidak mudah. Ada beberapa hal yang dikhawatirkan, di antaranya seperti memicu terjadinya kontraksi, payudara lebih sensitif, serta kuantitas asi yang kian berkurang dan banyak anak yang menolak untuk disusui atau menyapih sendiri.

Tapi lain hal nya dengan founder Sentra Laktasi Muslimah sekaligus konselor laktasi andalan Papilio NBC, Bunda Arit Widowati, beliau bisa membuktikan kepada kita bahwa jika NWP (Nursing While Pregnant) dilakukan berdasarkan tekad ingin memenuhi perintah dari Allah serta dibarengi ilmunya, maka hal-hal yang dikhawatirkan tersebut in syaa Allah dapat dilalui.

Berikut tips NWP dari Bunda Arit :

Jika sudah tahu ilmunya, maka kita bisa mengikhtiarkan sesuai solusinya. Misalnya untuk masalah kontraksi, memang menyebabkan kontraksi tapi insya Alloh tidak menyebabkan keguguran. Kelelahanlah yang menyebabkan resiko keguguran.

Jadi tipsnya, jika muncul kontraksi maka berhentilah sejenak dari aktifitas menyusui, relaksasi sebentar, dan lanjut menyusui lagi. Bukan menyapih.

Kemudian jika produksi asi berkurang, maka tipsnya kalau anak masih asi eksklusif dan dominan asi carilah donor asi atau ibu susuan. Jika sudah MPASI bisa dengan menambahkan makanan yang tinggi karbohidrat dan glukosa alami seperti kurma karena ASI dari ibu yang sedang hamil itu tinggi protein dan zat imun namun rendah karbohidrat dan gula.

Anak-anak Bunda Arit alhamdulillah tidak ada yang menyapih selama NWP, mungkin karena beliau berusaha enjoy ketika menyusui mereka meski lebih sensitif di puting. Selingi relaksasi, jika ibu enjoy, anak ikut enjoy karena sebagian bayi ada yang tidak memperdulikan rasa ASI yang berubah. Yang mereka inginkan adalah bonding saat menyusu terutama pas mau ngantuk dan mau tidur.

Kemudian, setelah NWP bunda Arit pun menjalani tandem nursing, yaitu menyusui dua anak yang berbeda usia secara bersamaan. Melakukan tandem nursing kuncinya ada pada tekad, dan motivasi utama yaitu tauhid. Hal ini juga yang bisa membuat 3 wanita teladan dalam kondisi terberat bisa membesarkan generasi nabi. Yaitu Maryam - Isa, Hajar - Ismail, dan Asiyah - Musa.

Apalah kita dibanding ujian yang mereka hadapi. Kuncinya tauhid saja. Sami'na wa atho'na. Selain berbekal ilmu tauhid, yakinkan diri jika asi tercukupi bahkan melimpah, seperti halnya Bunda Arit. Meski melakukan tandem nursing, beliau masih bisa mendonorkan Asi nya.

Ingatlah sebuah hadits qudsi:

"Allah sesuai prasangka hambaNya"

Masya Allahu laa quwwata illa billah...

Semoga pengalaman Bunda Arit bisa menjadi motivasi untuk kita semua terkhusus para bunda yang sedang hamil, dalam melaksanakan perintah Allah untuk menyempurnakan penyusuan hingga 2 tahun.

Aamiin Allahumma Aamiin

Barokallohu fiikum jami'an

Read other articles & publications:
MEMAKNAI RASA SAKIT SAAT MELAHIRKAN
Topik persalinan yang paling menarik dari ...
ES KRIM UNTUK BUMIL, BOLEHKAH?
Oleh : Bidan Wina Beberapa...
JANGAN SALAHKAN HPL
Oleh : Bidan Wina, Owner Klinik Papilio Na...