MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > Mengejar Persalinan Minim Trauma

Mengejar Persalinan Minim Trauma

by. Admin
20 September 2020
Mengejar Persalinan Minim Trauma

Bertemu dengan provider yang biasa mematok batas waktu kelahiran itu bikin deg-degan bagi ibu hamil, bukan? Apalagi dengan kehamilan anak pertama. Karena akan datang tantangan untuk Anda di saat fase akhir kehamilan. Apa itu? Yup, induksi persalinan jika saat HPL telah tiba namun belum juga ada tanda bayi akan lahir.

Bagi yang akan menjalani induksi, menentukan skor bishop merupakan tindakan yang sangat penting untuk memperkirakan prosentase keberhasilan induksi tersebut. Bishop score adalah sebuah ukuran atau pedoman untuk melihat seberapa lembut dan matangnya serviks (mulut rahim) sehingga siap atau tidak untuk dilakukan induksi persalinan. Tidak semua provider memakai acuan bishop score ini. Ada yang langsung memberikan advice induksi oksitosin drip pada pasiennya.

Bagi ibu dengan persalinan pertama, kebanyakan serviksnya masih kaku dengan letak masih di belakang (retro). Jika langsung diinduksi, maka kemungkinan besar akan gagal bersalin per vaginam, yang akhirnya berujung pada persalinan sesar. Dalam sebuah study wanita yang diinduksi dengan skor bishop kurang dari 7, prosentase peningkatan risiko persalinan sesar sebanyak 42%. Prosentase ini akan menurun bagi wanita yang sudah pernah menjalani persalinan per vaginam sebelumnya karena serviksnya lebih lembut dan lebih membuka. Walau demikian, masih tetap ada risiko kegagalan yang nantinya akan mengarah pada persalinan sesar.

Di Papilio Natural Birth Center ada beberapa ikhtiar induksi alami yang dapat dijalankan ibu semenjak usia kehamilannya 36 minggu. Induksi alami yang dijalani ini ada beberapa macam. Bayi pada foto ini merupakan anak pertama yang lahir dengan HPL plus 2 hari. HPL plus 1 hari kami melakukan ikhtiar bekam di titik induksi tersebut, moxa dan minyak zaitun dengan dosis khusus induksi. Bi idznillah, besoknya lahir dan berjodoh di Papilio NBC dengan persalinan yang minim trauma. Alhamdulillaahilladzii bi ni'matihi tatimmush shoolihaat.

Segala rangkaian ikhtiar dari kami tidak akan membuahkan hasil yang sama bagi ibu-ibu yang lain, jika tidak disertai dengan niat bahwa segala ikhtiar tersebut hanyalah sebuah perantara. Karena yang dapat memberikan izin persalinan dapat terjadi hanyalah Allah SWT.

Mari memaksimalkan induksi alami untuk mendapatkan persalinan yang lebih aman dan ramah jiwa ibu dan bayi.

Read other articles & publications:
MEMAKNAI RASA SAKIT SAAT MELAHIRKAN
Topik persalinan yang paling menarik dari ...
ES KRIM UNTUK BUMIL, BOLEHKAH?
Oleh : Bidan Wina Beberapa...
JANGAN SALAHKAN HPL
Oleh : Bidan Wina, Owner Klinik Papilio Na...