MAKE A RESERVATION
Home > Articles & Publication > 11 Teknik Mengendalikan Nyeri Menjelang Persalinan

11 Teknik Mengendalikan Nyeri Menjelang Persalinan

by. Admin
26 February 2018
11 Teknik Mengendalikan Nyeri Menjelang Persalinan

Untuk menyiapkan teknik mengatasi nyeri menjelang persalinan non farmakologis. Hal yang perlu dipelajari adalah bagaimana fokus menggunakan pernapasan dalam untuk membuat tubuh tetap relax. Belajar santai memerlukan latihan, khususnya ketika anda sedang merasakan nyeri. Tapi pastinya ini cukup berharga untuk mengurangi tegangan pada otot tubuh dan mengalihkan perhatian dari rasa nyeri itu sendiri.

Mengatasi nyeri nyeri persalinan dapat dimulai dari mengambil nafas yang dalam, sebagai berikut:

    -Cobalah tempatkan diri anda dalam kondisi santai, posisi miring di dalam kamar yang gelap/redup, tutup mata anda dan fokus pada satu hal.

    -Lalu lambatkan pernafasan anda. Ambil nafas dalam, menggunakan pernapasan dada. Jika pikiran anda merasa khawatir atau pikiran anda terganggu karena suatu hal, lalu pikirkan satu kata, seperti kata “santai”, dan pikirkan bersamaan dengan gerak nafas anda…suku kata “san” saat ambil nafas dan “tai” saat hembuskan nafas. Atau kata Allahu dengan suku kata “Hu” saat mengambil nafas dan “Allah” saat menghembuskan nafas.

    -Lanjutkan dengan mengendalikan nafas selama 2-3 menit

    -Saat anda merasakan tubuh anda semakin tenang, anda dapat memulai teknik perumpamaan.

Sebelas teknik mengendalikan nyeri menjelang persalinan dan perumpamaan yang efektif adalah:

    ·Berubah Fokus

    Ini adalah teknik favorit untuk menunjukkan betapa kuatnya pikiran dapat merubah sensasi dalam tubuh. Fokus pada perhatian pada bagian tubuh manapun yang tak nyeri (tangan, kaki, dll) dan merubah sensasi pada bagian tubuh tersebut. Misalnya, bayangkan tangan anda menjadi hangat. Hal ini membuat pikiran menjauhi dari fokus pada rasa nyeri, seperti nyeri punggung anda.

    ·Peruraian

    Seperti namanya, teknik ini melibatkan pemisahan secara mental antara bagian tubuh yang nyeri dengan tubuh yang tidak mengalami nyeri, atau bayangkan tubuh dan pikiran terpisah. Misalnya, bayangkan nyeri punggung anda tetap duduk di kursi dan katakan padanya untuk tetap di situ, dan pikiran anda pergi jauh.

    ·Pemisahan Sensoris

    Teknik ini melibatkan pemisahan sensasi (nyeri, terbakar, kecetit dan tertusuk jarum) pada bagian terpisah. Misalnya, Jika nyeri punggung merasakan panas, fokus pada sensasi panasnya bukan pada rasa sakitnya.

    ·Bius Mental

    Ini melibatkan upaya membayangkan sebuah injeksi obat bius (seperti Noacain) pada bagian tubuh yang nyeri, seperti sebuah obat mati rasa yang disuntikkan pada punggung bawah anda. Hal yang sama, dapat anda lakukan dengan cara membayangkan kantong es yang ditempatkan pada area yang sakit.

    ·Anti Nyeri Mental

    Dikembangkan dari konsep mental anastesi, teknik ini melibatkan sebuah injeksi anti nyeri yang sangat kuat , seperti morfin pada area yang sakit. Atau anda dapat membayangkan otak anda memproduksi hormone endorphine dalam jumlah besar, hormon pengurang nyeri yang terdapat secara alami dalam tubuh dan mengalir ke bagian tubuh yang terasa nyeri.

    ·Transfer

    Gunakan pikiran anda untuk mengganti sensasi, seperti panas, dingin, bius pada tangan yang tak nyeri dan tempatkan tangan tersebut pada area yang menyakitkan. Bayangkan mentransfer rasa nyaman, dari tangan tersebut ke area yang nyeri.

    ·Maju / Mundurkan Usia

    Gunakan pikiran anda untuk memproyeksikan diri anda maju atau mundur ketika anda sedang tak mengalami rasa nyeri tersebut. Dan perintahkan diri anda bahwa kondisi tanpa nyeri yang anda alami dulu adalah sekarang terjadi.

    ·Imajinasi Simbolis

    Membayangkan sebuah symbol yang mempresentasikan nyeri menjelang persalinan anda, seperti sebagai sebuah suara, kebisingan atau pendar cahaya yang menyilaukan. Secara bertahap mengurangi intensitas yang kita sepakati sebagai symbol. Sebagai contoh cahaya dim atau mengurangi volume kebisingan, yang bersamaan kita sama dengan berkurangnya nyeri.

    ·Imajinasi Positif

    Pusatkan perhatian anda pada tempat yang menyenangkan yang dapat anda bayangkan – pantai, gunung, dll- dimana anda merasa bebas, aman dan santai.

    ·Berhitung

    Berhitung dalam senyap adalah cara baik untuk berdamai dengan rasa nyeri. Anda mungkin bisa menghitung nafas Anda, menghitung lubang pori di atap, menghitung banyak keramik, berdzikir, dll.

    ·Pergerakan nyeri

    Pindahnya nyeri menjelang persaliann dari satu area ke area lain pada bagian tubuh anda, dimana nyeri tersebut lebih mudah untuk di atasi. Contoh, secara mental pindahkan nyeri punggung bawah anda perlahan ke tangan, dan dari tangan ke udara luar.

Beberapa dari teknik ini mungkin lebih baik dipelajari bersama seorang professional, dan biasanya memerlukan latihan sehingga bisa efektif dalam meringankan nyeri menjelang persalinan saat benar-benar terjadi. Latihan Ini sering disarankan untuk dijalankan sekitar 30 menit dan 3 kali dalam seminggu selama masa kehamilan. Dengan latihan, anda akan dapat mengendalikan rasa nyeri anda yang dating sewaktu-waktu.

Terkadang, setelah anda dapat menggunakan teknik ini, anda akan terbiasa dan semakin mudah hanya dengan hanya beberapa kali mengambil nafas yang dalam. Dan lebih lanjut anda akan dapat menggunakan dalam aktifitas, bekerja, bicara, dll.

To prepare a technique to overcome chronic pain, what needs to be learned is how to focus on using deep breathing to keep the body relaxed. Learning to relax requires practice, especially when you are feeling pain. But surely this is valuable enough to reduce stress on the muscles of the body and distract from the pain itself.

Overcoming chronic pain can start from taking a deep breath, as follows:

- Try to put yourself in a relaxed, sloping state in a dark room, close your eyes and focus on one thing.

-Then slow down your breathing. Take a deep breath, using chest breathing. If your mind feels worried or your mind is disturbed for a matter, then think of a word, like "relax", and think together with your breathing ... syllable "san" while taking a breath and "tai" while exhaling.

-Continue to control the breath for 2-3 minutes

-When you feel your body calmer, you can start the parable technique.

Eleven techniques to control chronic pain and an effective parable are:

1. Changed Focus

This is a favorite technique to show how powerful the mind can alter the sensations in the body. Focus on the attention on any non-painful part of the body (hands, feet, etc.) and alter the sensations in that part of the body. For example, imagine your hands warm. This keeps the mind away from focusing on pain, such as your back pain.

2. Decomposition

As the name implies, this technique involves mental separation between the painful body parts and the non-painful body, or imagine separate body and mind. For example, imagine your back pain staying in a chair and telling him to stay there, and your mind goes away.

3. Sensory Separation

This technique involves the separation of sensations (pain, burning, kecetit and impaled needles) in a separate section. For example, If the foot or back pain feels the heat, focus on the heat sensation rather than the pain.

4. Mentally

This involves trying to imagine an injection of an anesthetic (like Noacaine) on a painful part of the body, like a numbing medicine injected in your lower back. Similarly, you can do it by imagining an ice pack placed in the affected area.

5. Anti Mental Pain

Developed from the mental concept of anesthesia, this technique involves an extremely powerful anti-pain injection, such as morphine in the affected area. Or you can imagine your brain producing a large amount of endorphine hormone, a pain-reducing hormone naturally present in the body and flowing into the painful part of the body.

6. Transfer

Use your mind to change sensations, such as heat, cold, anesthesia in painless hands and place the hands on painful areas. Imagine transferring a sense of comfort, from the hand to the painful area.

7. Advance / Backward Age

Use your mind to project yourself and go forward or backward when you are not experiencing the pain. And tell yourself that the painless condition that you are experiencing first is now happening.

8. Symbolic Imagination

Imagine a symbol that represents your chronic pain, such as a sound, glaring noise or glow. Gradually reduce the intensity we agree on as a symbol. As an example

dim light or reduce the volume of noise, which we share with less pain.

9. Positive Imagination

Focus on the fun places you can imagine - beaches, mountains, etc. - where you feel pineapple, safe and relaxed.

10. Counting

Counting in silence is a good way to make peace with pain. You may be able to calculate your breath, calculate the pores above, count lots of ceramics, dhikr, etc.

11. Movement of pain

Move chronic pain from one area to another on your body, where the pain is easier to overcome. For example, mentally move your lower back pain slowly to hand, and from hand to outside air.

Some of these techniques may be better learned alongside a professional, and usually require practice so that it can be effective in relieving chronic pain. It is often recommended to run about 30 minutes and 3 times a week. With practice, you will be able to control your pain.

Sometimes, once you can use this technique, you'll get used to it and it's easy just to get a few deep breaths. And further you will be able to use in activities, work, talk, etc.

Read other articles & publications:
TES POSTCOITAL (SERI PEMERIKSAAN KESUBURAN PRIA)
Tes postcoital, atau disebut juga tes post...
TES DNA FRAGMENTASI
Tes DNA fragmentasi merupakan salah satu ...
TES KRIPTORKIDISME UNTUK PEMERIKSAAN KESUBURAN PRIA
Tes kriptorkidisme memegang peran penting ...